Vaksinasi Covid-19 Syarat Utama bagi Atlet dan Ofisial Bisa Ikut PON XX Papua 2021 di Tengah Pandemi

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19. Foto : Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) –  Ditengah pandemi gelaran perhelatan akbar olahraga nasional, vaksinasi covid-19 menjadi syarat wajib dan utama bagi para atlet dan ofisial bisa mengikuti perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

“Ini perintah Presiden di masa pandemi ini bahwa protokol kesehatan secara ketat harus diterapkan,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman dalam keterangan resminya, Kamis (15/7/2021).

Ia juga mengatakan, Papua sebagai tuan rumah mesti memastikan pula bahwa selain para atletnya, syarat sudah divaksinasi juga berlaku bagi penonton dan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pertandingan olahraga. “Petugas-petugas di situ juga harus sudah divaksinasi,” imbuh Marciano.

Stadion Lukas Enembe. Foto : Istimewa

Sejauh ini, kata Marciano lagi, pihaknya masih menanti arahan lanjut dari Presiden Joko Widodo berkenaan dengan penyelenggaraan PON XX Papua 2021. Menurut Marciano belum ada keputusan apakah penyelenggaraan pesta olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu akan dihadiri maksimal oleh seluruh penonton atau hanya sebagian dari kapasitas lokasi pertandingan olahraga.

PON XX Papua sedianya berlangsung pada setahun silam. Namun demikian, pandemi Covid-19 membuat kegiatan itu ditunda hingga 2021. Dalam catatan KONI, PON XX Papua 2021 akan berlangsung mulai Rabu (20/10/2021) sampai dengan Kamis (4/11/2021).

Stadion Papua Bangkit(Biro Komunikasi Kementerian PUPR)

Menurut rencana, Stadion Lukas Enembe yang awalnya bernama Stadion Utama Papua Bangkit akan menjadi pusat penyelenggaraan PON XX Papua 2021. Stadion yang letaknya di di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua ini akan menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan PON XX Papua 2021.

Stadion Lukas Enembe memiliki tampung lebih dari 40.000 penonton. Pembangunannya dimulai sejak akhir 2016 dan selesai pada Mei 2019. Selain Kota Jayapura, ada Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke yang menjadi lokasi-lokasi pertandingan cabang olahraga PON XX Papua 2021.

Pada PON XX Papua 2021 ini total ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan, 56 disiplin cabang olahraga, dan 679 nomor pertandingan/perlombaan. Marciano Norman kembali menambahkan bahwa atlet yang akan hadir di PON XX Papua 2021 ada 6.300 orang. Berikutnya, 3.000 orang ofisial juga turut serta. “Pendukung acara ada 9.000 orang,” tandas Marciano. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini