Usung Tema Pendidikan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Sukses Gelar Webinar Online

SIGIJATENG – Sejumlah 15 orang mahasiswa dari kelompok 12 yang mengikuti kegiatan KKN MIT DR menyelenggarakan website seminar (webinar) nasional pendidikan relasi agama dan sains yang bertajuk Mencari Tanda-Tanda Kekuasaan Allah SWT di Alam. Webinar yang diselenggarakan secara gratis dan terbuka untuk umum ini dilaksanakan melalui zoom meeting pada hari Minggu (18/07) pukul 09.00 WIB.

Sebagaimana pernyataan dari Divisi Pendidikan, Habibur Rohman, selain merupakan salah satu bentuk program kegiatan KKN MIT DR, webinar ini diadakan dengan tujuan ingin mengkaji tanda-tanda kekuasaan Allah yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Acara diawali dengan sambutan oleh Wildan Azza Assegaf sebagai Koordinator Lapangan serta Singgih Muheramtohadi, M.E.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 12. Webinar ini menghadirkan Dr. Lutfiah, M.S.I. sebagai narasumber, yang juga merupakan dosen UIN Walisongo. Kegiatan yang dilakukan secara online ini mampu menarik lebih dari 50 peserta yang berasal dari berbagai daerah dan instansi.

Dalam pemaparan materi oleh narasumber, Dr Lutfiah menjelaskan banyak contoh kekuasaan Allah yang telah termaktub dalam Al-Qur’an, seperti adanya sungai di bawah laut, pergantian siang dan malam, bumi berputar pada porosnya, dan adanya fenomena air laut dan air tawar yang tidak menyatu.

“Manusia tidak akan mampu berfikir jauh tentang kekuasaan Allah jika dia tidak dapat menghadirkan Allah dalam dirinya. Ketika kita membicarakan masalah surga dan neraka, luasnya alam semesta beserta isinya, kita tidak akan mampu berfikir sampai situ,” kata Dr Lufiah.

“Karena otak kita yang terbatas, literasi terbatas, pemahaman terhadap Al-Qur’an yang rendah, yang akhirnya membuat kita mengalami stagnasi ketika berfikir masalah kekuasaan Allah. Jika manusia tidak pernah mengosongkan dirinya dengan hal-hal yang berhubungan dengan nafsu, maka mereka tidak bisa mendapatkan kehadiran Allah dalam dirinya,” tambahnya lagi.

Di akhir sesi, Dr Lutfiah menambahkan bahwa manusia adalah sebaik-baiknya ciptaan Allah yang dikaruniai akal pikiran.

“Semua yang dijelaskan di Al-Qur’an itu adalah tanda kekuasaan Allah. Dan yang ada di dunia ini adalah bentuk dari tanda kekuasaan Allah. Hanya kita saja yang terkadang belum bisa merasakan apakah hal tersebut merupakan tanda kekuasaan dari Allah atau tidak,” pungkasnya. (das/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here