Usai Rapat, Puluhan ASN Pemkab Jepara Mendadak Dites Urine. Begini Hasilnya

Sejumlah pimpinan OPD Pemkab Jepara saat menjalani tes urine. Foto : Istimewa

Jepara (Sigi Jateng) – Gandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Pemkab Jepara menggelar tes urine terhadap puluhan ASN pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menciptakan pemerintah bersih dari narkoba, Kamis (21/10/2021).

Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memastikan ada dan tidaknya pejabat Pemkab Jepara terlibat penyalahgunaan narkoba. “Tes urine kalangan pejabat ini salah satu langkah Pemkab Jepara dalam mewujudkan pemerintahan bersih dari narkoba,” kata dia.

Diketahui, kegiatan tes urine untuk kalangan pimpinan OPD Jepara ini berlangsung secara mendadak usai rapat dengan Bupati Jepara di ruang Sosrokartono. “Mengingat Jepara dalam beberapa tahun ini menjadi daerah rawan peredaran narkoba dan menduduki peringkat ketiga wilayah Jawa Tengah,” tuturnya.

Hanya dalam waktu lima menit, hasil tes urine bisa diketahui kandungannya. Dari hasil tes urine, seluruh pejabat OPD Pemkab Jepara dinyatakan negatif narkoba. “Selain tes urine, Pemkab juga merangkul masyarakat untuk dijadikan relawan anti narkoba di setiap desa,” katanya.

Sementara itu, Kepala BNNP Jateng Purwo Cahyoko mengatakan dibutuhkan peran masyarakat dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

“Pemerintah menggandeng masyarakat untuk dijadikan relawan anti narkoba di setiap desa dengan harapan mampu mengawasi peredaran narkoba dan mengampanyekan akan bahaya narkoba,” jelas Purwo Cahyoko. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini