UIN Walisongo Wisuda 436 Mahasiswa Saat Pandemi, Rektor Sampaikan Pesan Sunan Kalijaga

SEMARANG (Sigijateng.id) – Sebanyak 436 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengikuti wisuda periode Juni 2021, pada Selasa (8/6/2021).

Proses wisuda dilaksanakan dalam kegiatan Sidang Senat Terbuka UIN Walisongo Semarang dengan acara Wisuda Doktor (S3) ke 23, magister (S20 ke-47 dan Sarjana (S1) ke-80, di Auditorium 2 Kampus 3, Selasa (8/6/2021).

Karena masih pandemi, pelaksanaan wisuda dilaksanakan secara offline dan online dengan protokol kesehatan yang ketat. Sejak kampus berdiri pada 1970, UIN Walisongo telah meluluskan 42.5082 orang, baik itu doktor (S3), magister (S2), sarjana (S1), ahli madya dan ahli muda.

“Pada periode wisuda Juni 2021 ini, yang diwisuda sebanyak 436 orang. Rinciannya, 8 orang doktor, 20 magister dan 408 sarjana,” kata Wakil Rektor I UIN Walisongo, Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag, dalam laporannya.

Jumlah wisudawan tersebut merupakan gabungan dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana. Lulusan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebanyak 27 sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) sebanyak 1 magister dan 22 sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 8 magister dan 121 sarjana, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) sebanyak 1 magister dan 74 sarjana.

Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 5 magister, 97 sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebanyak 11 sarjana, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) sebanyak 18 sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 38 sarjana, dan Pascasarjana sebanyak 8 doktor dan 5 magister.

“Rata-rata lulusan pencapaian prestasi akademik sangat memuaskan. IP rata-rata untuk program S3 atau doktor 3,62, S2 atau magister 3,61 dan program S1 3,6. Predikat akademiknya cumlaude atau sangat memuaskan,” ujarnya.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq , M.Ag mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah diwisuda hari ini. Rektor juga mengucapkan selamat kepada para orang tua wisudawan. Sebab, para orang tualah yang sesungguhnya berperan di balik layar kesuksesan seorang anak.

“Kami ucapkan selamat kepada para orang tua. Wisuda ini adalah hasil karya dari orang tua, atas jerih payah orang tua, wisuda ini juga kebanggaan orang tua. Jangan pernah lupa, ada doa dan support dari para orang tua,” ujar Rektor.

Kepada para wisudawan, Guru Besar Ilmu Tafsir ini memberi pesan bijak dari Sunan Kalijaga kepada Ki Ageng Selo. Pesan itu yaitu pentingnya kecerdasan, kreatifitas dan berdoa kepada Allah.

“Jadilah pacul yang membedah sawah, yang menggemburkan tanah. Lalu obahing awak agar badan itu digerakkan untuk selalu berkreasi dan berkhidmah di tengah masyarakat. Lalu Doran, Doa marang pangeran. Kecerdasan, kreativitas itu harus, tapi jangan lupa berdoa,” tambahnya.

“Ikhtiar bahwa semua ada yang merencanakan. Ikhtiar diikuti dengan doa, pasrahkan kepada Allah agar mendapat hasil yang baik, karena hanya Allah yang mendesain dan mengelola jagad raya ini,” ujarnya lagi.

Kepada para wisudawan, rektor mengingatkan bahwa mereka menjadi duta islam moderat. Alumni UIN Walisongo adalah sosok yang washatiyah, sosok yang kontekstual dan berlaku bijak.
“Para alumni yang hari ini diwisuda, agar terus bergerak, bertransformasi dengan konteksnya masing-masing. Jangan berdiam diri,” pesannya. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini