Tinggalkan CR7 Rival Terdekatnya, Lionel Messi Sabet Ballon d’Or Kali Ketujuh

Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya, di Paris, Senin, 29 November 2021. (Foto: AFP)

Paris (Sigi Jateng) – Lionel Messi menyabet penghargaan prestisius Ballon d’Or untuk ketujuh kalinya, dalam malam gala di Theater du Chatelet, Paris, Senin (29/11/2021) atau Selasa dini hari WIB. Messi meraih anugerah ini setelah merebut enam kali sebelumnya yakni pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Penghargaan yang digelar majalah France Football sejak 1956 ini menabalkan Messi sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah sepakbola. Messi meninggalkan rival terdekatnya Cristiano Ronaldo yang pernah lima kali meraih penghargaan serupa.

Messi menerima trofi bola emas terbarunya pada upacara mewah di Ibu Kota Prancis, yang telah menjadi rumah barunya setelah kepindahannya yang mengejutkan dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) di musim panas.

Terpilihnya Messi tak lain karena sukses yang diraihnya bersama Timnas Argentina menjuarai Copa America, Juli lalu. Dalam ajang yang dgelar di Brasil itu, menyelesaikan turnamen sebagai pencetak gol terbanyak dan membuat assist luar biasa, serta berkontribusi langsung dalam sembilan dari 13 gol timnya.

Messi terpilih setelah mendapat 613 poin. Penyerang Bayern Muenchen asal Polandia, Robert Lewandowski, bertengger di posisi kedua dengan raihan 460. Gelandang Chelsea yang mengantar Italia menjadi juara Euro 2000, Jorginho, berada di tempat ketiga dengan 460 poin.

Sementara penyerang Real Madrid, Karim Benzema, berada di urutan keempat dengan 239 poin. Di urutan kelima bertengger rekan senegara Benzema, N’Golo Kante, dengan 186. Ronaldo sendiri hanya berada di posisi keenam dengan raihan 178.

Meski gagal membawa Barcelona menjadi juara musim lalu, catatan Messi bersama Barca tetap cemerlang. Dia finis sebagai pencetak gol terbanyak La Liga dengan 30 gol – tujuh di atas Gerard Moreno dari Villarreal – memberinya rekor trofi Pichichi (pencetak gol terbanyak La Liga) kedelapan dan kelima berturut-turut.

Sementara Ballon d’Or untuk pesepakbola perempuan disabet pemain Barcelona, Alexia Putellas yang mendapat 186 poin. Dia diikuti rekan seklubnya, Jennifer Hermoso, yang mendapat 84 poin. Di urutan ketiga ada pesepakbola asal Australia yang membela Chelsea, Sam Kerr dengan 46 poin. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini