Tiga Orang Terluka dan Bangunan Tua Rusak Tertindih Pohon Pule yang Roboh

Pohon Pule tumbang menimpa 2 bangunan, Rabu (15/9/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng ) – Pohon Pule berusia ratusan tahun yang tumbuh di Desa Todanan, Kecamatan Todanan tumbang dan menimpa Gedung Sekolah MI Muhammadiyah dan satu rumah warga, Selasa (14/9/2021) sore.

Akibat peristiwa tersebut, dua unit bangunan yang tertimpak tampak hancur. Selain itu, 3 orang juga dilaporkan mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Adapun total kerugian ditaksir sekitar Rp150 juta, yang terdiri dari kerusakan gedung MI Muhammadiyah sekitar Rp50 juta dan satu rumah warga milik Wardiono di RT005/RW002 ditafsir Rp100 juta.

Kapolsek Todanan, IPTU Daknyo menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi mata di lokasi kejadian, peristiwa itu berlangsung sekira pukul 14.30 WIB.

“Saat itu cuaca gerimis disertai angin kencang yang mengarah dari Barat ke Timur,” terang Kapolsek Todanan menceritakan keterangan saksi, Rabu (15/9/2021)

Pada saat itu, saksi hendak beranjak pulang dari warung kopi yang berada di sebelah Selatan Pohon tersebut. Saat itu pula, ia mendengar suara retakan dari arah pohon.

Saat hendak berteriak memberi tahu warga, pohon tersebut lebih dulu tumbang dan menimpa rumah milik Wardiono.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Hanya dua orang luka berat bernama Warsini dan Apriliani, sudah dilarikan ke RSUD dan satu dirawat di Puskesmas terdekat. Korban ini tinggal serumah,” imbuhnya IPTU Daknyo.

Dalam kejadian tersebut jajaran Polsek, Koramil dan Satpol-PP Todanan langsung mengamankan TKP dan memasang Police Line.

Sementara itu, Mbah Supat salah seorang tokoh masyarakat Todanan mengatakan bahwa usia pohon berjenis Pule tersebut sudah berusia ratusan tahun.

“Dari mbah-mbah saya terdahulu pohon itu sudah ada, dari dulu memang besarnya segitu. Saya kira usianya sudah ratusan tahun,”Ujarnya.

“Bahkan, wilayah tersebut terkenal dengan Dukuh Pule yang identik dengan pohon itu,” pungkasnya.(Agung)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here