Tersesat di Gunung Ungaran, 3 Pelaku Ritual Berhasil Ditemukan di Sendang Seputon Kondisinya Lemas

Pelaku ritual di Gunung Ungaran yang ditemukan tim SAR gabungan, Sabtu (7/8/2021). Foto: Dok. Basarnas Semarang

Ungaran (Sigi Jateng) –  Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan tiga pelaku ritual di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang yang, Sabtu (7/8/20211). Mereka yakni Roni (40), Mindiyanah (37), dan Seto (50) ditemukan dalam kondisi lemas sekitar pukul 11.10 WIB.

“Pencarian dibagi menjadi sembilan search rescue unit (SRU) dengan kekuatan 100 personel. Setelah upaya pencarian selama dua hari, tiga survivor berhasil ditemukan di pertigaan Sendang Seputon dalam keadaan lemas,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto dalam keterangan tertulisnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan dinyatakan sehat, ketiganya lalu dibawa ke Posko Ngipik. Sementara pertigaan Seputon, lokasi ketiganya ditemukan, berada di ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tim SAR gabungan harus berjuang keras melakukan evakuasi, sehingga membutuhkan sekitar 1,5 jam hingga Desa Ngipik dengan jarak 8 kilometer. Perjalanan masih berlanjut menuju Posko Desa Nyatnyono Kabupaten Semarang.

“Dengan ditemukannya tiga survivor, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing,” katanya.

Berawak kejadian itu ketika enam orang melakukan ritual pada Rabu (4/8/2021) malam. Mereka mendaki Gunung Ungaran berangkat dari Desa Nyatnyono menuju Sendang Suroloyo yang berada di ketinggian 1.000 mdpl untuk ritual.

Setelah ritual selesai, mereka turun dengan membagi dua rombongan. Rombongan pertama Dani, Slamet, dan Nur berhasil sampai di Desa Ngipik. Namun rombongan Roni, Mindiyanah, dan Seto dikabarkan tersesat.  (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini