Terlalu! Sewa Mobil Tetangga, Warga Kebumen ini Malah Digadaikan ke Orang Lain

Pelaku yang menggadaikan mobil milik tetangga diperiksa polisi, paska berhasil ditangkap petugas dalam gelar perkara ungkap kasus di Mapolres Kebumen. Foto: DOK. Polres Kebumen

Kebumen (Sigi Jateng) – Sungguh terlalu, SP alias Bagol (57) warga Sempor Kebumen ini akhirnya tak berkutik usai ditangkap polisi. Pasalnya, ia telah menggadaikan mobil milik FS yang merupakan tetangga rumahnya sendiri.

Mobil yang disewanya tersebut justru digadaikan senilai Rp30 juta di Jakarta dengan dalih untuk keperluan biaya hidup. Hal itu terungkap saat gelar kasus ungkap perkara yang digelar Mapolres Kebumen, Kamis (16/9/2021).

“Awalnya pelaku ini menyewa mobil dengan alasan untuk dipakai ke Jakarta, namun malah digadaikan,” kata Wakapolres Kebumen Kompol Edi Wibowo.

Kasus tersebut terjadi pada pertengahan Juli lalu tepatnya pada Sabtu (17/9/2021). Pelaku datang ke rumah korban untuk menyewa mobil selama sepuluh hari. Setelah terjadi kesepakatan mobil Honda Mobilio milik korban dibawa pelaku ke Jakarta.

Korban mulai curiga karena sesuai batas waktu yang ditentukan, justru pelaku tidak mengembalikan mobilnya. Bahkan, nomor pelaku tidak bisa dihubungi dan nomor korban diblokir. Setelah dua bulan tidak ada kabarnya, korban akhirnya melaporkan kasus ini ke Polsek Sempor.

Berbekal laporan korban, polisi melakukan penyelidikan di lapangan. Akhirnya polisi berhasil mengidentifikasi keberadaan pelaku di Gombong dan dilakukan penangkapan pada Minggu (5/9/2021). “Kami menangkap pelaku di di tempat persembunyiannya di Gombong,” kata Kapolsek Sempor Iptu Sumaryono.

Kepada polisi, pelaku mengakui telah menggadaikan mobil korban senilai Rp30 juta kepada seseorang yang ada di Jakarta. Uang itu habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian korban.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan satu unit mobil sebagai barang bukti. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP jo 372 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here