Terkenal di Luar Jawa, Warga Maluku Utara Menunggu Kedatangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Al Qur’an dan Al Hadits Bidpenaisdayazawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Nining Indrawati foto Bersama dengan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Maluku Utara, Idham Umasangadji dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Abuhari Hamzah disela-sela peninjauan ke arena STQ, kemarin.

TERNATE ( Sigijateng.id) – Gubernur Ganjar Pranowo ditunggu warga Maluku Utara untuk datang bersama Kafilah Provinsi Jawa Tengah mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di Sofifi, Provinsi Maluku Utara, 14-23 Oktober 2021.

Hal itu disampaikan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Maluku Utara, Idham Umasangadji saat menerima tim survei Kafilah Jawa Tengah, kemarin. Tim survei dipimpin Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Al Qur’an dan Al Hadits Bidpenaisdayazawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Nining Indrawati.

“Kami ucapkan ribuan terima kasih atas kehadiran tim survei dari Jateng ke Sofifi, karena dapat merekatkan silaturahmi serta dapat mengetahui situasi dan kondisi yang ada di Sofifi. Kami juga berharap Pak Ganjar bisa hadir disini karena beliau sangat viral di Maluku Utara,” kata Idham disambut tawa dan tepuk tangan hadirin, Senin (20/9/2021).

Pemprov Maluku Utara menyambut hangat kehadiran tim survei dari Jateng. Idham Umasangadji didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik,  Abuhari Hamzah di Sekretariat Panitia Daerah Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XVVI Tahun 2021.

Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Al Qur’an dan Al Hadits Bidpenaisdayazawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Nining Indrawati menjelaskan, kehadiran tim survei selama empat hari di Sofifi bertujuan meninjau secara langsung situasi dan kondisi lokasi kegiatan STQ Nasional.

‘’Kami berharap saat kafilah Jateng tiba di Sofifi termasuk Bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan Kepala Kanwil Kementerian Agama tidak ada masalah. Penginapan kafilah Jateng dimana, transportasinya bagaimana, kesiapan konsumsi dan akomodasi bagaimana semua kami lihat secara langsung,’’ kata Nining.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov  Maluku Utara, Idham Umasangadji menjelaskan, sejumlah upaya terus dilakukan panitia daerah untuk menyiapkan venue (arena) dan fasilitas penginapan bagi para kafilah dari 34 Provinsi yang jumlahnya mencapai 1.300 orang.  

‘’Salah satunya ialah dengan mempercepat penyediaan fasilitas penginapan para kafilah yang menempati rumah dinas ASN Pemprov Maluku Utara serta venue yang akan digunakan dalam kegiatan STQ Nasional,’’ katanya.

Koordinator tim penghubung/LO (Liaison officer) Syahruddin, dari Biro Umum Pemprov Maluku Utara, menjelaskan, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk kafilah Jawa Tengah selama berada di Maluku Utara.

“Kami sebagai tim penghubung yang ditunjuk oleh Panitia Daerah STQ Nasional akan berupaya memberikan yang terbaik dalam melayani kafilah STQ Nasional dari Jawa Tengah, bahkan kami siap melayani kafilah Jawa Tengah sejak dari kedatangan tim survei.” tegas Syahruddin.

Penyambutan tim penghubung atau biasa disebut LO (Liaison officer) pada STQ Nasional kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau dulu LO mulai bekerja hanya pada saat kafilah tiba di bandara, tapi kali ini LO sudah bekerja sejak tim survei tiba di bandara. Meski awalnya sempat hawatir karena sinyal di HP tidak muncul, karena ternyata di Ternate hanya kartu dari provider tertentu yang bisa digunakan, tapi saat tim survei tiba di Bandara Babullah Ternate, Nining selaku ketua tim mengungkapkan kekagumannya atas sambutan luar biasa tim LO dari Biro Umum Pemprov. Maluku Utara.

“Ketika tim survei keluar dari bandara Babullah, kami telah disambut oleh tim LO dengan penyambutan yang luar biasa dan penuh kehangatan serta dipandu untuk melakukan survei lokasi STQ Nasional, bahkan kami difasilitasi untuk melakukan tes Swab Antigen,” kata Nining.

Dari Bandara Babullah tim diantar menuju Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara untuk beramah tamah dengan pejabat di Kanwil Kemenag Maluku Utara. Kemudian tim survei diterima Panitia Daerah untuk berdiskusi di skretariat, dilanjutkan survei lokasi venue dan penginapan kafilah. Setelah sekian lama berkeliling, tim survei kembali ke Ternate dengan menggunakan speed boat

Sejauh pengamatan tim survei, lokasi kegiatan sudah dalam penyiapan secara maksimal. Mereka berharap akan selesai tepat waktu, sehingga pelaksanaan STQ Nasional XVVI yang rencananya akan dibuka Presiden Jokowi sekaligus meresmikan Masjid Raya Sofifi Maluku Utara, berjalan dengan lancar dan sukses. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini