Terdampak Pandemi, Pelaku Ekonomi Kreatif Optimistis Mampu Bangkit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi yang digelar bagi para budayawan dan seniman se-Jabodetabek di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (19/4/2021). Foto : Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Para pelaku ekonomi kreatif turut mendukung kebijakan vaksinasi Covid-19 massal yang digelar pemerintah. Melalui vaksinasi, serta berbagai kebijakan lain yang telah dilansir pemerintah, mereka berharap mampu mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif yang sempat terdampak di tengah situasi pandemi saat ini.

Antusiasme dan optimisme itu, salah satunya, ditunjukkan komedian Lies Hartono alias Cak Lontong, yang menjadi salah satu peserta vaksinasi massal Covid-19.

Ia bilang, keikutsertaannya mengikuti program vaksinasi merupakan upaya untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi. “Saya mengatakan vaksinasi wajib kita laksanakan dan diterima oleh masyarakat karena ini adalah yang terbaik yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi masa Covid ini,” ucapnya.

Selain itu dia mengungkapkan, para seniman dan budayawan antusias menjalani vaksinasi dengan harapan dapat menularkan dan memberi semangat positif dan optimisme kepada masyarakat.

Untuk diketahui, sektor ekonomi kreatif memiliki efek pengganda yang tergolong tinggi bagi perekonomian nasional.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, sektor ini merupakan salah satu penyumbang besar bagi produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Capaian sektor tersebut juga menjadi penyumbang PDB terhadap perekonomian yang terbesar ketiga di dunia.

“Kita harapkan sumbangsih Rp 1.100 triliun dari sektor ekonomi kreatif ini paling tidak kita pertahankan dan justru ada kesempatan dan peluang untuk bangkit dan pulih kembali. Jadi kita ini penyumbang nomor tiga PDB terbesar di dunia setelah Amerika dan Korea,” ujarnya saat menghadiri vaksinasi massal bagi para budayawan dan seniman se-Jabodetabek di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, hari ini.

Vaksinasi massal yang dilakukan kepada para budayawan dan seniman yang menjadi salah satu penggerak sektor tersebut, diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi untuk bersama-sama berjuang dan bangkit di tengah pandemi ini.

“Kita harus sama-sama berjuang melawan pandemi dan dengan penekanan pada vaksinasi, 3M, dan 3T, kita bisa menekan angka penularan Covid-19. Jika pandemi ini terkendali, kita bisa pulih kembali, maka sektor ekonomi kreatif juga akan segera bangkit,” tuturnya. (dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here