Tercemar Limbah, Bupati Blora Terjun Langsung Cek Kondisi Air Sungai Bengawan Solo

Bupati Cek Kondisi Air Sungai Bengawan Solo, Senin (13/9/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Prihatin dengan kondisi tercemarnya Sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah Kabupaten Blora, Bupati H. Arief Rohman, segera menindaklanjuti dengan langsung meninjau aliran sungai bengawan Solo di Desa Medalem.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengambil sampel air sungai dari beberapa lokasi yang berbeda untuk kemudian akan dikirim untuk diuji.

Bupati Arief menyampaikan permohonan maaf nya kepada seluruh warga masyarakat khususnya pelanggan PDAM atas ketidaknyaman menggunakan air yang dirasa kurang layak ini.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Blora dan pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga masyarakat khususnya pelanggan PDAM, dimana sumber air bakunya tercemar limbah pabrik di kawasan hulu sungai sehingga air yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan,”kata Bupati, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa sampel air yang diambil di daerah Desa Medalem sudah agak jernih, hal tersebut berkat kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

“Ini saya tadi sempat ambil sampel air dari sungai bengawan solo yang melintasi Desa Medalem, kondisinya sudah lumayan jernih. Terimakasih atas gerak cepat seluruh pihak, baik Pak Gubernur maupun kepolisian dalam menertibkan perusahaan pembuang limbah di wilayah hulu sungai Bengawan Solo sehingga pencemaran ini dapat segera ditanggulangi. Dan kami minta kepada seluruh jajaran PDAM untuk tetap memantau kondisi air bakunya, apakah sudah dapat diolah atau belum?sehingga pasokan air untuk para pelanggan tidak terganggu,”papar Bupati.

Sementara itu, Direktur PDAM Yan Riya Pramono yang mendampingi Bupati Arief meninjau instalasi pengolahan air baku PDAM menyampaikan bahwa kondisi air sudah agak jernih dengan turunnya hujan semalam.

“Ijin matur bapak Bupati, kami tetap mengolah air baku semaksimal mungkin agar tetap dapat dimanfaatkan oleh para pelanggan. Dan kondisi air saat ini sudah agak membaik dengan turunnya hujan di berbagai tempat semalem. Semoga dengan turunnya hujan ini, aliran air yang tercemar dapat segera terurai,”harapnya. (Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini