Target Vaksinasi Kurang 50 Persen, Inilah Yang Akan Dilakukan Bupati Blora

Bupati Blora Arief Rohman, Selasa (12/10/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Untuk saat ini Target vaksinasi (dosis 1) Covid-19 baru mencapai 35,6 persen – sementara untuk lansia baru 33 persen. Untuk itu Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, melakukan beberapa langkah untuk mengejar target vaksinasi tersebut mencapai angka 50 persen.

“Saat ini vaksinasi keseluruhan se -Blora untuk dosis pertama baru 35’6 persen, sedangkan untuk lansia per 10 Oktober kemarin baru 33 persen. Oleh karena itu akan kita lakukan beberapa langkah strategis. Serbuan vaksinasi pedesaan akan kita gencarkan dengan menggandeng seluruh bidan desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” papar Bupati Arief, Selasa (12/10/2021) .

Dia menandaskan, pihaknya akan melakukan jemput bola ke desa-desa. TNI Polri juga diminta terus membantu. Dikatakan, vaksinasi akan terus digencarkan di sekolah-sekolah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi.

‘’RS daerah maupun swasta juga kita minta setiap Jumat-Sabtu melaksanakan vaksinasi untuk umum,” sambung Bupati.

Untuk memperlancar serbuan vaksin tersebut, Bupati yang akrab disapa Mas Arief juga meminta agar Gubernur Ganjar bisa terus menambah kuota vaksin untuk Kabupaten Blora.

“Tenaga kami siap, namun terkadang stok vaksinnya menipis. Kami mohon Pak Gubernur bisa menambah kuota vaksin kepada daerah atau kabupaten yang capaiannya masih rendah seperti Blora ini,” pungkas Bupati Arief.

Dengan cara itu, diharapkan jika vaksinasi ini bisa terus digenjot hingga target 50 persen, level PPKM Kabupaten Blora bisa naik ke level 2 bahkan ke level 1.

Sementara, terpisah Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., MH., menjelaskan, jumlah sasaran vaksinasi di Kabupaten Blora secara umum sebanyak 715.441 jiwa. Sedangkan untuk sasaran lansia sebanyak 111.318 jiwa.

Dikemukakan, per 10 Oktober 2021, capaian vaksinasi di Blora mencapai 35,6 persen dari 715.441 jiwa, yakni baru 254.718 jiwa. Sedangkan lansia yang sudah tervaksin 30,5 persen atau 33.920 jiwa dari target 111.318 jiwa.

Terkait capaian target vaksin itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyoroti masih rendahnya tingkat vaksinasi di kalangan lansia. Yang mana saat ini data per 10 Oktober 2021 capaian vaksinasi lansia di Kabupaten Blora baru mencapai 33 persen. (Agung)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here