Target PTM PAUD, Pemkot Terus Gencarkan Vaksinasi Peserta Didik

Kepala Dinas Kesehatan kota Semarang, dr. Muhammad Abdul Hakam. (Dok. Humas Pemkot)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Sebanyak 156 ribu peserta didik usia 12 tahun ke atas di Kota Semarang telah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Semarang, Abdul Hakam saat merinci jumlah vaksinasi pelajar di Kota Semarang.

Vaksinasi itu dilakukan untuk mengejar target pembelajaran tatap muka (PTM) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada November mendatang.

“Hal ini sejalan dengan penurunan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 1,” ujar Abdul Hakam, Selasa (26/10/2021).

Abdul Hakam menyebut, 156 ribu tersebut sudah mencakup peserta didik dari sekolah negeri, swasta, asrama, hingga pesantren yang ada di Kota Semarang. Maka dari itu, ia berharap, capaian vaksinasi pelajar ini bisa membuat pelaksanaan PTM di Kota Semarang semakin baik.

Hakam menegaskan, status level 1 di Ibu Kota Jawa Tengah ini sekolah harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mematuhi ketentuan yang sudah diatur oleh Pemkot Semarang maupun Dinas Pendidikan Kota Semarang. Bertujuan di lingkungan sekolah tidak munculnya klaster penyebaran Covid-19 di sekolah yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

“Prinsipnya adalah di sisa 2021 ini jangan sampai ada klaster baru, apalagi di 2022 kita harus menatapnya bukan pandemi lagi, levelnya harus turun ke endemi,” kata Abdul Hakam.

Sebelumnya pada Minggu (24/10/2021), Kepala Disdik Kota Semarang Gunawan Saptogiri mengatakan, langkah selanjutnya yakni pihaknya masih menunggu keputusan dari pusat dan instruksi dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Menurutnya, prosedur penyelenggaraan PTM di Kota Semarang masih sama seperti status PPKM Level 2. Namun kali ini, ada penambahan pos Paud yang sudah diperbolehkan PTM dengan ketentuan pembatasan yang sudah diatur oleh pihaknya.

“Langkah selanjutnya masih nunggu regulasi dari pusat untuk semesntara masih sama kaya dulu. Mungkin ada tambahan di pos Paud akan mulai pada November, “ujarnya saat dihubungi Joglo Jateng. (Rifky Akbar)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here