Stok Darah di PMI Kendal Menipis, Anggota DPR RI Mujib Target Sumbang 1.000 Kantong Darah

Anggota DPR RI Mujib Rohmat ikut mendonorkan darah dalam aksi kemanusiaan di Aula Kecamatan Kaliwungu, Minggu (25/7/2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Bantu menambah stok darah di PMI Kabupaten Kendal yang kondisinya menipis saat pandemi covid 19, anggota DPR RI Mujib Rohmat targetkan menyumbang 1.000 kantong darah melalui aksi donor darah untuk kemanusiaan.

Diketahui sebelumnya, aksi donor darah ini merupakan yang kali kedua dilakukan yakni di Kecamatan Pegandon pada Sabtu (24/7/2021) dan Kecamatan Kaliwungu pada (25/7/2021) serta menyusul daerah lain.

“Aksi ini kali keduanya. Dari dua lokasi ini setidaknya 200 lebih kantong dikumpulkan. Saya targetkan bisa terkumpul 1.000 kantong darah untuk disumbangkan ke PMI Kendal mengingat stok darah yang mulai menipis,” terang Mujib Rohmat usai ikut donor darah di Kaliwungu, Minggu (25/7/2021).

Kantong darah yang disumbangkan ini, kata Mujib, merupakan partisipasi anak muda yang tergabung dalam GP Ansor, KNPI, Pemuda Pancasila, Bakkopak dan Perguruan Silat Harimau Putih. “Dasar kami melakukan aksi donor darah untuk kemanusiaan yakni melihat stok darah yang menipis di PMI Kendal,” jelasnya.

“Lalu muncul niat untuk melaksanakan donor darah sebagai upaya menambah stok darah. Setidaknya bisa membantu PMI Kendal dan masyarakat yang membutuhkan, terlebih saat ini kebutuhan semakin banyak,” sambung Mujib.

Ia menyampaikan masa pandemi membuat donor darah berkurang sehingga perlu dilakukan dengan prokes. “Selanjutnya usai donor darah di Pegandon dan Kaliwungu ini, nanti akan dilaksanakan juga di wilayah Boja, Weleri dan Sukorejo,” bebernya.

Ketua PMI Kendal dr Budi Mulyono mengatakan, stok darah saat ini menipis sehingga butuh sumbangan darah. Harapannya donor darah ini bisa menambah stok yang ada. “Terakhir stok yang tersisa 78 kantong. Ditambah dengan aksi donor darah ini, maka kondisinya aman,” kata dia.

Selama pelaksanaan aksi donor darah untuk kemanusiaan di masa pandemi ini, kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan, jika ada yang tidak patuh akan dibatalkan.

Sementara itu, Camat Kaliwungu Nung Tubeno menyampaikan terima kasih kepada Mujib Rohmat yang memprakarsai donor darah untuk kemanusiaan di Kaliwungu ini. “Apa yang dilakukan saat ini bisa membantu terlebih di masa pandemi,” tukasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini