Stasiun Tawang dan Poncol Tambah Layanan Self Service

Gambar fitur baru aplikasi go show untuk layanan self service bagi penumpang kereta api.Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) PT. KAI Daop 4 Semarang memberikan tambahan layanan self service bagi penumpang di Stasiun Tawang dan Poncol. 

Humasda 4, Krisbiantoro mengatakan penambahan layanan berupa sistem pembelian tiket go show, reschedule dan cancellation untuk kereta api jarak jauh dan lokal yang dapat diakses penumpang untuk menghindari antrian di loket stasiun pada masa pandemi saat ini yang mungkin terjadi.

Tambahan layanan tersebut adalah dengan disediakannya penambahan tujuh fitur self service pada perangkat cek in counter ( cic ) yang dapat dioperasikan secara online oleh calon penumpang secara mandiri.

“Adapun fitur penggunaan menu yang dilayani di self service adalah check kode booking, check in, penjualan go show KA lokal, penjualan go show KA jarak jauh, ubah jadwal, pembatalan dan informasi KA,” jelas Krisbi, Sabtu (31/7/2021).

“Adapun metode pembayaran tiket (untuk pemesanan ataupun reschedule dengan tiket kereta api yang mempunyai harga lebih tinggi) oleh calon penumpang dilakukan secara non tunai, menggunakan QRIS payment dengan fintech yang telah bekerjasama dengan PT. KAI (link aja, ovo, gopay, dana, shopee pay). calon penumpang melakukan scan qr code yang ditampilkan self service dan selanjutnya calon penumpang melakukan pembayaran melalui e wallet yang dimiliki,” imbuhnya. 

Krisbi mengatakan sehubungan dengan belum semua perangkat CIC di stasiun dapat dilakukan replacement maka untuk proses perubahan/penambahan fitur CIC menjadi aplikasi self service, disesuaikan dengan tetap memperhatikan alokasi kebutuhan yang berfungsi hanya untuk check in dan CIC yang diperluas fungsinya untuk penjualan / pembatalan tiket sehingga tidak mengganggu antrian check in.

Penggunaan menu pada fitur CIC sebagai berikut; 

a. Check kode booking :

Calon penumpang mengisikan kode booking di kolom “cek kode booking” sehingga self service akan menampilkan detail pemesanan (stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, kereta keberangkatan, tanggal keberangkatan, tanggal tiba, nama penumpang, no id, no kursi)

b. Check in : 

Digunakan untuk melakukan cetak boarding pass. calon penumpang memilih tombol “check in”, memasukkan kode booking yang telah dimiliki dari pembelian di kai access ataupun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan pt kai serta melakukan check list nama penumpang yang akan dicetak boarding passnya.

c. Penjualan go show ka lokal : 

Digunakan untuk pembelian tiket go show ka lokal. calon penumpang memilih tombol “kereta lokal” sehingga self service akan menampilkan daftar stasiun tujuan yang dapat dipilih. Setelah pemilihan stasiun tujuan calon penumpang menentukan jumlah penumpang dengan maksimal pemilihan 4 orang dan minimal 1 orang. 

Selanjutkan lakukan proses pembayaran dengan cara scan qr code yang tertampil di self service, jika pembayaran sukses self service akan mencetak tiket penumpang

d. Penjualan go show ka jarak jauh : 

Digunakan untuk pembelian tiket go show ka jarak jauh. calon penumpang memilih tombol “kereta antar kota” sehingga self service akan menampilkan daftar stasiun tujuan yang dapat dipilih. 

Setelah pemilihan stasiun tujuan calon penumpang menentukan jumlah penumpang dengan maksimal pemilihan 4 dewasa dan minimal 1 dewasa. 

Selanjutnya self service akan menampilkan daftar kereta yang sesuai dengan stasiun yang telah dipilih dan penumpang dapat memilih tempat duduk yang masih tersedia. proses selanjutnya adalah pengisian data penumpang yang terdiri dari nama, nomor id dan nomor telp. 

Lakukan proses pembayaran dengan cara scan qr code yang tertampil di self service, jika pembayaran sukses di self service akan mencetak langsung tiket penumpang

e. Ubah jadwal (reschedule) : 

Digunakan untuk melakukan ubah jadwal perjalanan tiket ka. calon penumpang memilih tombol ubah jadwal dan memasukkan kode booking yang akan diubah jadwal. self service akan menampilkan detail perjalanan atas kode booking tersebut dan selanjutnya self service akan menampilkan daftar stasiun tujuan baru. 

Selanjutnya calon penumpang memilih tanggal keberangkatan baru dan self service akan menampilkan daftar kereta sesuai tujuan dan tanggal yang telah dipilih.

f. Pembatalan (cancellation) :

Digunakan untuk melakukan batal penumpang. calon penumpang memilih tombol pembatalan dan mengisi kode booking dan nomor id penumpang yang akan dibatalkan.

Selanjutnya self service akan menampilkan data tiket. calon penumpang memilih nama penumpang yang akan dibatalkan serta pengisian data pengembalian dana (nama bank, nama akun bank, nomor rekening, alamat email). metode refund pembatalan dilakukan secara transfer, Setelah penumpang mengkonfirmasi data yang tertampil (sesuai yg di isi penumpang) maka self service akan mencetak bukti pembatalan.

g. Informasi ka : 

Digunakan untuk menampilkan informasi terkait layanan dan proses alur pelayanan self service. 

Secara bertahap, fitur ini akan dihadirkan ke seluruh stasiun yang melayani naik dan turun penumpang di Daop 4 Semarang. Diharapkan dengan tambahan layanan self service ini para pelanggan KA akan lebih mudah dalam melakukan transaksi tiket KA go show secara mandiri di stasiun. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini