Sport Tourism Jadi Program Unggulan Wisata Kendal, Begini Pesan Menpora Zainudin Amali

Sport tourism menjadi program unggulan wisata di Kabupaten Kendal yang menyuguhkan berbagai wahana dan potensi yang ada. Foto : Istimewa

Kendal (Sigi Jateng) – Bupati Dico M Ganinduto makin serius mengembangkan Sport Tourism yang merupakan sektor di bidang kepariwisataan di Kabupaten Kendal. Hal itu dengan didukungnya sarana dan prasarana olahraga dan potensi wisata yang ada.

Pernyataan tersebut disampaikan Dico saat mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, disela meninjau lokasi sarana olahraga potensial di Kabupaten Kendal, baru-baru ini.

 “Konsep pariwisata berbasis olahraga akan menghubungkan potensi keindahan alam dengan UMKM Kendal. Sehingga dapat menarik minat wisatawan, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Dico.

“Hal ini menjadi salah satu program unggulan, dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata dan UMKM pasca pandemi,” imbuhnya.

Menurut Dico, hingga saat ini di Kabupaten Kendal terdapat beberapa cabang olahraga sport tourism, yang sudah diresmikan dan dikembangkan. Dan sebagian lainnya masih dalam tahap perencanaan.

“Sekitar 1.000 fasilitas olahraga sudah dikelola Bumdes, Karang Taruna, dan perseorangan yang tersebar di sejumlah kecamatan dan desa. Sedangkan yang dikelola pemda, di antaranya GOR Bahurekso Kendal, Stadion Utama Kebondalem, Stadion Madya Kendal, dan Lapangan Tenis Gembyang,” tuturnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menyampaikan, tata kelola organisasi menjadi satu hal yang penting dilakukan. Karena kalau tata kelolanya baik, pasti prestasinya juga akan baik.

Dia berpesan, kepada para ketua organisasi kepemudaan diminta benar-benar bisa fokus meningkatkan sumber daya manusia para anggotanya. Ini harus dilakukan, agar dapat bergaul di era digitalisasi.

Disampaikan, dalam pengembangannya Kabupaten Kendal harus ada yang difokuskan pada potensi unggulan daerah agar kedepannya bisa lebih maju. “Seperti program sport tourism ini, maka harus dikemas dengan baik. Ada tempat olahraga, wisata dan ada tempat belanja serta kulinernya. Jangan lupa pula kebersihannya harus benar-benar dijaga dengan baik,” jelasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here