Sport Tourism, Begini Rencana Dico Ganinduto Bangkitkan Pariwisata Kendal di Masa Pandemi

Bupati Kendal Terpilih Dico M Ganinduto bersama sejumlah anggota DPRD Kendal lakukan olahraga bersepeda menyusuri potensi alam wisata di Kendal, Minggu (14/2/2021). Foto : Adye Viant Sigijateng.id

Kendal (Sigi Jateng) – Dampak pandemi Corona atau Covid-19 berimbas di pelbagai sektor. Tak terkecuali, hal itu juga menjadikan menurunnya gairah wisata di wilayah Kabupaten Kendal Jawa Tengah khususnya. 


Menyikapi hal itu, disela-sela mengisi waktu senggang Bupati Kendal Terpilih Dico M Ganinduto bersama sejumlah anggota DPRD Kendal kerap beraktivitas dengan olahraga bersepeda. Seperti yang dilakukan pada Minggu (14/2/2021).


Baginya, olahraga bersepeda dengan menyusuri setiap wilayah di Kabupaten Kendal juga sekaligus ingin memastikan seberapa jauh potensi alam dan pariwisata yang ada saat ini. Terlebih dimasa pandemi, dampaknya sangat dirasakan khususnya pengelola dan masyarakat sekitar. 


“Iya alhamdulilah olahraga bersepeda rutin saya lakukan, dari waktu ke waktu menyusuri potensi alam pariwisata di wilayah Kendal. Seperti terlihat saat ini di wisata Curug Jeglong Plantungan, kondisinya sepi akibat dampak pandemi,” ujarnya. 


Sebagaimana visi dan misi kepemimpinannya di Kabupaten Kendal, lanjut Dico, dirinya berencana akan menjadikan wisata di Kendal dikolaborasikan dengan olahraga yakni sport tourism. Hal itu untuk lebih mengangkat wisata itu sendiri, sehingga akan menarik banyak wisatawan dari luar masuk ke Kendal. 


“Saya sudah berkomunikasi dengan Kemenpora, Kemenparekraf dan lainnya terkait pengembangan wisata khususnya di Kendal. Selain nantinya bisa mengangkat perekonomian dan UMKM, wisata Kendal juga akan meningkat,” terang Dico.


“Semua butuh kerja keras dan kerjasama semua pihak, baik masyarakat, pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Sejumlah stakeholder dari swasta juga akan kita libatkan untuk membangkitkan pariwisata di Kendal ini nanti. Selain itu, disiplin protokol kesehatan tetap harus dilakukan,” sambungnya. 


Salah satu anggota dewan fraksi Golkar, Bagus Bimo Alit mengatakan jika Kendal banyak memiliki potensi pariwisata. Baik itu dikelola Pemda, Bumdes, swasta maupun perorangan. Namun, pandemi Corona saat ini membawa dampak yang sangat luar biasa. 


“Gairah pariwisata menjadi sepi akibat pandemi Corona. Kita berharap pariwisata di Kendal bangkit kembali, agar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat normal dan meningkat. Salah satunya melalui sport tourism,” kata dia. 


Sementara itu, pengelola wisata Curug Jeglong di Plantungan Kendal Jaka Setiawan mengaku imbas pandemi menjadikan destinasi ini sepi. Padahal, destinasi ini kerap dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara.


“Selain memang untuk sementara tidak dibuka, kami tidak ingin adanya klaster Covid di wisata. Semoga pandemi ini berakhir, agar wisata dan ekonomi berjalan normal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here