Siang Ini Ganjar Sidak Pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Kendaraan Terpantau Sepi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat sidak di penyekatan pemudik di Tol Kangkung Semarang, Kamis (6/5/2021) siang.

SEMARANG (Sigijateng) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali mengecek penyekatan pemudik di sejumlah gerbang tol Jawa Tengah. Pengecekan dilakukan untuk memastikan perintah larangan mudik mulai hari ini, Kamis (6/5) sampai tanggal 17 nanti berjalan.

Lokasi pertama yang dicek Ganjar adalah gerbang tol Kalikangkung Kota Semarang. Di tempat itu, Ganjar bahkan ikut bersama petugas mencegat semua kendaraan yang masuk ke pintu gerbang tol itu. Kendaraan yang berplat luar kota khususnya Jakarta, Bandung dan sekitarnya, langsung diberhentikan petugas untuk diperiksa kelengkapannya.

“Mau kemana mas? Mau mudik suratnya sudah lengkap apa belum,” tanya Ganjar pada salah satu pengendara plat Jakarta.

Ternyata, pengemudi itu berasal dari Pekalongan. Ia menunjukkan KTP yang menunjukkan bahwa memang dari Pekalongan dan hendak menuju Semarang.

“Ternyata orang Jawa Tengah. Ini ya, KTP alamatnya Pekalongan dan kendaraannya memang plat luar Jawa Tengah. Jadi silahkan jalan,” kata Kepala Pos Pam Kalikangkung, AKP Wahono kepada awak media.

Beberapa penumpang lain yang mobilnya dihentikan petugas juga didatangi Ganjar. Seperti petugas polisi, ia juga ikut mengintrogasi penumpang dalam kendaraan itu.

Namun hanya beberapa kendaraan saja yang melintas di pintu tol Kalikangkung itu. Kondisinya sepi dan tidak ramai seperti hari biasa. Beberapa kendaraan plat Jakarta atau luar Jateng yang diberhentikan, semuanya sudah mengantongi surat izin sesuai persyaratan.

“Ini hari pertama penyekatan larangan mudik, maka saya cek kondisinya. Ternyata landai, sampai hari ini tidak ada peningkatan berarti. Kalau melihat frekuensi seperti ini, insyaalah berjalan baik,” kata Ganjar.

Prediksi lonjakan pemudik pada dua hari sebelumnya ternyata tidak terjadi. Sampai hari ini, pemudik yang datang ke Jateng masih landai.

“Sampai kemarin, total pemudik yang sudah masuk ke Jateng sesuai aplikasi Jogo Tonggo sebanyak 8600 san. Itu yang terbanyak dari Wonogiri,” jelasnya.

Ganjar berharap kondisi ini tetap bertahan hingga tanggal 17 Mei nanti. Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mengikuti ketentuan untuk tidak mudik.

“Peran panjenengan akan sangat membantu. Jadi suasana adem, kami tidak perlu repot membalikkan, kemudian terjadi friksi, saling marah. Jangan sampai terjadi. Dengan cara tidak mudik dulu, maka inyaallah semuanya berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ganjar juga meminta petugas kepolisian dan Bupati/Wali Kota menjaga jalur-jalur tikus. Ia percaya bahwa semua sudah bergerak melakukan hal itu.

“Jalur tikus sama, akan kita lakukan pengecekan. Di Kabupaten/Kota sudah berjalan, dari Kapolda sudah merintahkan Polres-Polres mengawasi yang ada di masing-masing daerahnya. Satpol PP kita perbantukan di sana,” pungkasnya.

Kepala Pos Pam Kalikangkung, AKP Wahono menerangkan, di hari pertama larangan mudik, arus laulintas dari Jakarta atau daerah lain yang masuk Semarang terlihat sangat landai. Arus lalin didominasi oleh angkutan barang.

“Sejak tadi sampai siang ini, kondisinya landai. Tidak ada peningkatan,” kata dia.

Beberapa kendaraan plat luar Jawa Tengah lanjut Wahono semuanya dihentikan. Dan dari pengecekan, beberapa kendaraan itu memang sudah memiliki surat izin dan persyaratan lain sehingga bisa melanjutkan perjalanan.

“Kendaraan yang masuk dari luar kota komplit, sehingga diperbolehkan jalan. Kalau ada yang tidak komplit, pasti saya putar balik. Sampai hari ini, belum ada kendaraan yang saya putar balik,” pungkasnya. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini