Setelah Shalat Subuh, Majid Alqodar Bagikan 300 Paket Imun Covid-19 untuk Jemaah

Ulil Albab, petugas masjid Al-Qodar sedang membagikan paket imun kepada para jemaah usai shalat subuh berjamaah, Jumat (16/7/2021).

SEMARANG- Pengurus masjid Jami Al-Qodar, Perumnas Sendangmulyo, bekerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Al-Qodar membagikan 300 paket Imun Covid-19 kepada para jemaah.

Pembagian gratis paket imun dimaksudkan agar jemaah yang aktif shalat jamaah di masjid maupun di rumah karena situasi pandemi Covid-19 tetap terjaga kesehatannya dan imunnya meningkat.

“Program ini sebagai penugasan Yayasan Al-Qodar kepada Takmir dan UPZ masjid Al-Qodar sebagai program peningkatan imun jemaah,” tegas Ketua Takmir Masjid Al-Qodar Drs KH Ali Musthofa Hamdan, Jumat (16/7/2021). Penegasan serupa juga disampaikan Ketua UPZ Al-Qodar Ustadz Sabar Waluyo ST kepada wartawan.

Menurut Kiai Ali Musthofa, setiap paket imun senilai Rp 40.000 sehingga membutuhkan anggaran Rp 12.000.000. Beban anggaran diambilkan dari dana UPZ dan kas masjid. Dana yang dihimpun masjid dan UPZ berasal dari jemaah dan selanjutnya kita kembalikan kepada jemaah di saat membutuhkan,” tegas Kiai Ali.

Menurut Kiai Ali, setiap paket imun terdiri minuman herbal, vitamin C, minyak kayu putih, jeruk lemon dan jus madu. Paket tersebut diikhtiari sebagai upaya preventif dalam upaya menjaga kesehatan jemaah agar imun meningkat sehingga terhindar dari serangan Covid-19. Selain ikhtiar fisik juga ikhtiar religi, takmir dan jemaah terus menerus memohon perlindungan kepada Allah dari serangan Covid-19.

Sebanyak 300 paket imun jemaah itu, kata Ketua UPZ Al-Qodar Ustadz Sabar Waluyo ST, dibagikan melalui dua tahap. Tahap I sebanyak 150 paket dibagikan pada hari Jumat (9/7/2021), sedangkan tahap II dibagikan pada Jumat (16/7/2021). Sedangkan untuk jemaah isolasi mandiri masjid memberlakukan program Jogo Jemaah.

“Bagi jemaah aktif yang tidak hadir disebabkan pandemi, maka paket diantar di rumah masing-masing. Alhamdulillah pembagian selama 2 tahap berjalan lancar, tertib, semua mengenakan masker, hand sanitizer, jaga jarak tanpa kerumunan,” jelas sabar Waluyo.

Kiai Ali menambahkan, masjid Al-Qodar selama pandemi Covid-19 menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jemaah wajib mengenakan masker, dianjur wudlu di rumah, menggunakan shaf Covid-19. Jemaah juga dicek suhu badan dan wajib mnyemprot hand sanitizer sebelum masuk ruang utama shalat.

Takmir masjid memberlakukan ketentuan selama berlangsung PPKM mulai 3-20 Juli 2021, akses

pintu gerbang dan semua akses pintu alternatif ditutup. Hanya ada satu pintu kecil yang dibuka, setelah selesai shalat berjamaah selesai, ditutup kembali. Masjid setiap hari juga disemprot dengan disinfektan sebagai ikhtiar agar selalu sehat. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini