Setahun Terdampak Pandemi, Warga Di Singorojo Bangkit Dengan Ternak Domba. Inilah Hasilnya..

Di tengah pandemi Covid-19, warga Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, mampu bangkit dari kreterpurukan perekonomian dengan budi daya ternak domba. Foto : Istimewa

KENDAL (Sigi Jateng) – Setahun lebih pandemi, warga Desa Ngareanak Kecamatan Singorojo ekonominya terpuruk. Namun, berkat kerja keras mereka akhirnya mampu bangkit dari keterpurukan yakni dengan budidaya ternak domba.

Pengembangbiakan ternak domba tersebut melalui program Ternak Desa Sejahtera (TDS). Warga mendapatkan bantuan bibit domba tanpa mengeluarkan biaya. Justru dengan budidaya ternak domba, kini mereka mampu mendapat keuntungan dengan memiliki ratusan ekor domba berbagai jenis.

Ihwalnya, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga melalui budidaya ternak domba tersebut digagas oleh Nurul Hayat yang juga merupakan inisiator program TDS. Sejak 2018, program ternak desa sejahtera ini sudah berjalan.

Ada lebih dari 1.000 ekor kambing dan domba yang sudah diberikan kepada warga untuk dikembangkan. “Kendal diberikan 100 ekor kambing kepada 10 peternak di Desa Ngareanak Singorojo yang diharapkan bisa dikembangkan lebih banyak lagi,” kata Nurul, Rabu (24/3).

Bantuan kambing yang diserahkan kepada peternak, lanjut Nurul, sebelumnya ditimbang dan setelah beberapa bulan berkembang lalu ditimbang lagi hingga sisa beratnya menjadi laba murni bagi peternak.

Dirinya berharap, kedepan ingin membangun semangat menjadi peternak bergengsi, bukan gengsi jadi peternak meski masyarakat hidup dan tinggal di daerah pedesaan. “Dengan pemberdayaan ini diharapkan menjadi virus kemandirian bagi warga,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga yang mendapat bantuan bibit domba mengaku terbantu dengan program ini. Pasalnya warga bisa mengembangkan ternak domba dan hasil yang di dapat bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Tiap warga dapat bantuan 10 ekor kambing atau domba yang bisa dikembangbiakan dan hasilnya akan ditampung oleh Nurul Hayat,” ujarnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini