Sempat Pamit ke Anak, Mbah Santo Hilang 20 Jam di Hutan Pinus Kendal. Begini Kondisinya Saat Ditemukan

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan Susanto (79) di hutan Limbangan, Kendal, Minggu (26/9/2021). Foto: Dok. Basarnas

Kendal (Sigi Jateng) – Seorang kakek dikabarkan hilang di hutan pinus di wilayah Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal pada Sabtu (25/9/2021). Adalah Susanto (79) warga Desa Ngesrep Balong RT 03/04 Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Korban berhasil ditemukan tim SAR gabungan dengan selamat meski dalam kondisi tampak lemas, kemudian dievakuasi oleh pada Minggu (26/9/2021), pukul 10.50 WIB.

Bermula kejadian itu pada Sabtu pukul 13.00 WIB, korban pamitan kepada anaknya untuk keluar sebentar. Hingga pada pukul 15.30 WIB, korban tak kunjung pulang kemudian keluarga dan warga setempat menggelar pencarian.

“Tidak ada yang tahu maksud tujuan pergi dari rumah. Menurut saksi yang melihat, korban terlihat sedang berjalan ke arah hutan Limbangan menuju ke lembah,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto, lewat keterangan tertulisnya, Minggu (26/9/2021).

Atas adanya informasi tersebut, pihaknya memberangkatkan satu tim rescue untuk mencari survivor (korban) disertai alat mountaineering.

Pencarian tim SAR gabungan dengan metode tracking menyusuri lokasi terakhir korban terlihat oleh saksi. Setelah upaya pencarian tim SAR gabungan, survivor berhasil ditemukan kurang lebih 100 meter dari titik lokasi terakhir dilihat.

“Susanto ditemukan tim dalam keadaan selamat namun tampak lemas. Dia ditemukan terduduk di bawah pepohonan bambu yang berjarak 50 meter dari jalan setapak. Selanjutnya survivor dibawa kembali ke rumahnya,” katanya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here