Semarakkan Hari Santri Nasional, Mahasiswa KKN Kelompok 60 Adakan Festival Lomba di Desa Grabag.

PURWOREJO (Sigijateng.id) – Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah (RDR) Ke-77 Kelompok 60 UIN Walisongo Semarang mengadakan festival lomba. Kegiatan lomba hari santri tersebut dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nur Syamsi Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo.

“Peserta lomba hari santri berjumlah sekitar 60 santri yang terdiri dari kelas Taman Kanak AL-Qur’an (TKQ), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT),” kata Salsabilla Bahraini salah satu anggota Kelompok 60 KKN UIN Walisongo.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan lomba hari santri tersebut diadakan selama dua hari yaitu hari Rabu dan hari Kamis tanggal 20 sampai 21 Oktober 2021.

Pengasuh Madrasah Diniyah Nur Syamsi, Uswatun Hasanah menyambut dengan positif mengenai kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo tersebut.

“Saya mewakili seluruh guru Madin Nur Syamsi sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo yang sudah mengadakan kegiatan lomba hari santri ini, seluruh santri sangat senang dan antusias sekali dalam mengikuti perlombaan yang diadakan karena tahun-tahun sebelumnya tidak ada lomba. Semoga dengan diadakannya kegiatan lomba hari santri ini, akan semakin memupuk semangat para santri dalam belajar.” ujar Uswatun.

Kegiatan pada hari rabu diawali dengan jalan sehat yang diikuti oleh mahasiswa KKN beserta seluruh guru dan santri Madin Nur Syamsi kemudian dilanjutkan dengan lomba balap kelereng dan lomba memasukkan pensil ke dalam botol yang diikuti oleh semua santri Kelas MDT. Sedangkan hari kamis diadakan lomba mewarnai untuk kelas TKQ dan TPQ serta lomba hafalan surat pendek untuk kelas MDT.

Walaupun lomba yang diadakan tidak terlalu banyak, namun para santri sangat bersemangat sekali untuk mengikutinya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya mereka yang hadir lebih awal dari waktu yang ditentukan.

 “Senang banget akhirnya ada lomba hari santri disini, semoga tahun depan bisa ada lomba hari santri kaya gini lagi disini” ucap Jesslyn, salah satu peserta lomba dari kelas MDT.

Koordinator KKN Kelompok 60 Achmad Nashru’Uddin berharap kegiatan dalam rangka memeriahkan hari santri dapat terus berlanjut di tahun berikutnya.

“Alhamdulillah kegiatan lomba dalam rangka hari santri berjalan dengan sangat meriah. Kegiatan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri, jiwa sportivitas, dan menambah semangat adik-adik dalam belajar ilmu khususnya ilmu agama,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pengumuman juara pada masing-masing jenis lomba dan penyerahan hadiah untuk santri yang menang. Di akhir kegiatan terdapat sesi foto bersama dengan seluruh guru dan santri Madrasah Diniyah Nur Syamsi. (kel 60/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here