Semarak HUT RI ke 76, Gudang Masak Gilingan Siapkan Sambel Kemerdekaan Indonesia atau SKI

SOLO ( Sigijateng) – Banyak cara untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) ke 76 tahun 2020, salah satunya adalah dengan membuat sambal SKI (Sambal Kemerdekaan Indonesia).

Kenapa sambel SKI? karena sambel tersebut dibuat dengan 17 bahan alami menjadi 3 cita rasa yang elok. Kegiatan tersebut dilakukan di Gudang Masak oleh ibu ibu warga Kampung Gilingan, Banjasari, Kota Solo, Selasa (17/8/2021).

Pembina Gudang Masak Kampung Gilingan Kota Solo, Muhammad Suwono atau Mbah Wono mengatakan, kegiatan semerak 17 Agustus ini sebagai salah satu kegiatan motivasi, kepedulian dan juga menumbuhkan rasa persatuan bagi ibu ibu Kampung Gilingan, Kota Solo.

“Selian itu juga untuk mempererat rasa persaudaraan silahturhami. Membuat sambel inikan berkumpul, mengulek sambel, memillah bahan, merebus dan lain sebagianya semuanya dilakukan dengan kebersamaan dan saling melengkapi,” ujar Mbah Wono.

Menurutnya ide kegiatan membuat sambel SKI ini berawal dari sakit perut karena makan kebanyakan sambel dan akhirnya jadilah ide untuk menyemarakan rangkaian HUT RI ke 76 tersebut. Bukan hanya itu saja, tetapi yang paling penting adalah membantu kaum dhuafa khususnya untuk berbagi lauk pauk dan memotivasi bagi ibu ibu fakir miskin untuk menyusukuri, memeliharan bahan alami sebagi rasa syukur dengan mewujudkan sambel.

“Persiapan membuat sambel ini sepulun hari, kerena memang butuh ide, penelitian dan juga mencari bahan yang pas dan cocok serta bergizi,” ujarnya.

Mbah Wono menambahkan, Sambel Kemerdekan Indonesia ini bukan sambel biasa, namun, sambel SKI ini punya kandungan tinggi karena didalamnya ada 17 kandungan yang diramu dengan komposisi tepat, pas sesuai dengan pakar sambel.

“17 macam bahan ini juga sebagai wujud untuk melestarikan tanaman karena berupa cabai, bawang merah, bawang putih, pete, kencur, kemiri, tomat, jeruk, trasi, jahe, daun serai, daun kemangi, mrica, gula aren, dan garam himalaya,” terangnya.

Dia berharap semoga dengan adanya kegiatan kemerdekaan RI ini bisa memberikan sumbangsih bagi masyarakat Kota Solo dan juga sebagai sarana sedekah bagi anak anak yatim, kaum dhuafa, pemulung, dan fakir miskin yang tersebar di Kampung Gilingan Kota Solo.

Egiq salah satu warga Gilingan, Kota Solo menuturkan, momentum tanggal 17 Agutus ini memang sangat special karena dimasa pandemic yang belum berakhir yang biasanya digelar dengan berbagi lomba tujubelasan tetapi tahun ini gudang masak hanya melakukan kegiatan membuat sambel. Ini satu satunya kegiatan yang belum pernah ada sebelumnya.

“Alhamdullillah kegiatan berjalan lancar, pembagian untuk warga juga lancar, semuanya alhamdullillah. Semoga tahun depan bisa lebih spcial lagi,merdeka untuk Indonesiaku,” tegas Egiq. (Ria)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini