Selesai Jalani Isoman Terpusat di Asrama Haji Donohudan, 86 Warga Kudus kini Dipulangkan

Pasien Covid-19 asal Kudus yang dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali setelah dinyatakan sembuh, Selasa (22/6/2021). Foto: Istimewa.

Kudus (Sigi Jateng) – Seluruh warga Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Donohudan Boyolali kini sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

“Jumlahnya ada 86 warga yang dipulangkan ke Kudus. Sudah selesai, sudah tidak ada (warga Kudus yang isolasi terpusat). Sementara sudah selesai semua,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Dikatakan Badai, jika puluhan warga tersebut tiba di Rusunawa Kudus sekitar pukul 21.30 WIB. Setelah tiba di Kudus, mereka lalu diantarkan ke masing-masing desa. Tampak juga turut mendampingi TNI-Polri.

Sebanyak 86 warga tersebut, lanjut Badai, dinyatakan negatif hasil swab PCR dan selesai menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. “Yang negatif 60 orang, selebihnya pulang karena sudah selesai menjalani isolasi, ada 26 selesai,” terangnya.

Dijelaskan Pemkab Kudus tidak lagi mengirimkan warganya menjalani isolasi terpusat ke Donohudan. Pemkab lebih memfokuskan isolasi terpusat di Kudus sendiri. Sejumlah gedung, mulai sekolah hingga rusunawa dijadikan tempat untuk isolasi terpusat.

“Sudah tidak ada, kita fokuskan isolasi terpusat di Kudus, kita juga menguatkan yang ada di desa-desa itu kan, kecamatan juga ada,” jelas Badai.

Pihaknya pun meminta kepada warga yang menjalani isolasi mandiri untuk segera menjalani isolasi mandiri terpusat yang disediakan.”Kalau isolasi mandiri di rumah tidak efektif ya akan diminta memaksimalkan isolasi terpusat,” imbuh Badai.

Sebelumnya, sebanyak 407 warga Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Donohudan dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke Kudus. Tercatat ada lima warga Kudus meninggal dunia saat menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

“Yang meninggal iya ada 5 orang, itu yang dirujuk di rumah sakit-rumah sakit, bukan yang di Donohudan. Begitu berada di sana, lalu keadaan buruk kemudian dirujuk ke rumah sakit di sekitar Solo Raya,” tandas Badai. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini