Selain Sate, Ternyata Blora Juga Terkenal Dengan Soto Klutuk


BLORA (Sigi Jateng) – Kabupaten Blora yang terkenal dengan sebutan Kota Jati dan Sate ini ternyata punya beragam kuliner khas. Salah satu yang cukup digemari wisatawan lokal saat berkunjung ke Blora, yaitu Soto Klethuk.

Pada dasarnya soto kletuk khas Blora tak jauh berbeda dari soto pada umumnya. Kuahnya bening tanpa santan seperti sotoSemarang, juga ada tambahan telur layaknya soto Lamongan.

Tetapi keistimewaan dari soto ayam ini terletak pada taburan dari ketela goreng berbentuk dadu kecil-kecil. Ketika dikunyah akan berbunyi klethuk-klethuk, itulah asal muasal nama penganan berkuah ini.

Menggunakan kaldu ayam kampung serta rempah-rempah seperti jahe, serai, dan lainnya, membuat kuah soto ini terasa sedap dan nikmat.
Biasa dinikmati dengan pendamping lain seperti tempe goreng, perkedel, bakwan jagung, dan lauk lain.

Kletuk terbuat dari singkong yang dipotong berbentuk kotak mini, mirip dengan kentang yang diolah sebagai sambal goreng kentang. Singkong kemudian digoreng hingga garing.

Kuliner Soto Klethuk ini sudah lama dijual sejak tahun 1990-an. Hingga sekarang banyak yang menjual menu Soto Klethuk yang mudah dijumpai wisatawan yang berkunjung ke Blora.
Dalam seporsi Soto Klethuk berisi suwiran daging ayam, tauge, bihun rebus, telur ayam, taburan bawang goreng, dan yang paling penting adalah taburan klethuk dari singkong goring.

Di Blora, salah satu warung soto klethuk yang tidak pernah sepi yaitu soto klethuk Mbah Gowak. Soto kletuk Mbah Gowak terletak di Jalan Gunung Lawu 93e, Tempelan, Blora, Samping Kelurahan Tempelan atau depannya Cafe Segara buka jam 08.00 sampai 21.00.

Soto unik khas kabupaten paling timur Jawa Tengah ini terbilang cukup ramah kantong.
Kalian bisa menikmati soto klethuk dengan harga Rp 10 ribu per porsi.Selamat mencoba dan menikmati soto klethuk Khas Blora. (Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here