Sekolah Dapat Modal Usaha, Ini Program ‘Student Entrepreneur Club’ di SMK Swadaya Semarang

Suasana kelas di SMK Swadaya Semarang dalam program 'Student Entrepreneur Club' (SEC). (Dok. Humas SMK Swadaya Semarang)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Yanuar Aris Budiarto, S.IP selaku Ketua Unit Produksi, atau Badan Usaha Milik Sekolah di SMK Swadaya Semarang memberikan arahan pada siswanya bahwa bisnis tidak bisa hanya berhenti di teori.

Maka dari itu, Aris bersama tim unit produksi yang juga disebutnya sebagai guru penggerak membuat program ‘Student Entrepreneur Club’ (SEC), untuk memfasilitasi siswa-siswi sekolah yang berani memulai usaha.

“SMK Swadaya ini sekolah yang core education-nya di major Manajemen Bisnis, jurusannya adalah BDP (Bisnis Daring Pemasaran) dan AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga), ini jurusan yang business oriented, jangan sampai anak-anak malah di drive untuk jadi karyawan,” ujarnya, Selasa (19/10/2021).

Sebelumnya, pada 4 hingga 9 Oktober lalu, SMK Swadaya telah sukses menyelenggarakan program Upskilling untuk guru dan karyawannya.

“Sekarang guru-guru penggerak itu membuat gebrakan untuk anak didik mereka,” tandas Aris.

Visi dan misi SMK Swadaya Semarang memang ingin menjadi pelopor sekolah kejuruan pencetak wirausaha muda, terutama untuk bisnis online di Kota Semarang.

“Makanya kita buat program SEC ini untuk menstimulasi mereka, nanti akan kami berikan modal untuk setiap kelompok, minimal 1 juta rupiah, untuk buka bisnis apapun, setiap kelompok nanti ada guru pendampingnya, nanti kita beri waktu 3 bulan, biar siswa nanti buat laporan keuangan, laporan penjualan setiap bulan, nanti yang omsetnya paling tinggi akan dapat pendanaan lebih banyak lagi,” lanjutnya.

Saat disinggung dari mana dana untuk memberikan modal, pria berusia 30 tahun itu menyebut dana tersebut dari Unit Produksi, yang diperoleh dari donatur.

“nanti itu kami support, dana itu kami dapatkan dari donasi jaringan beberapa pengusaha yang kita kenal,” jawabnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here