Sehari! Kasus Baru Covid-19 di DIY Tembus 300. Begini Penjelasannya

Petugas laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta tengah membongkar, memeriksa dan mendata sampel swab Covid-19 yang dikirim oleh berbagai rumah sakit di DIY-Jateng, Senin (13/4/2020), di laboratorium BBTKLPP di Jalan Imogiri Timur, Banguntapan, Bantul. – JIBI.

Yogyakarta (Sigi Jateng)- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatatkan rekor pertambahan kasus baru. “Penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY hari ini sebanyak 304 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 46.977 kasus,” kata Berty Murtiningsih, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 DIY, Rabu (9/6/2021).

Berty membeberkan lonjakan kasus baru Covid-19 hari ini disumbang terbanyak oleh kasus baru yang ditemukan di Kabupaten Bantul, yakni sebanyak 116 kasus, dan Kabupaten Sleman dengan 111 kasus.

Berty Murtiningsih, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 DIY. Foto : Istimewa

Kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul sendiri pekan ini diwarnai dengan klaster baru dimana sebanyak 18 orang personil paduan suara gereja di Kabupaten Bantul diketahui positif Covid-19. Klaster ini muncul setelah kelompok ini melaksanakan rekaman beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan di Kabupaten Sleman, klaster penularan terbaru diketahui muncul di lingkup keluarga, yakni di Padukuhan Plosokuning, Minomartani, Kecamatan Ngaglik, yang hingga Rabu ini diketahui menulari sedikitnya 11 orang dalam satu rukun tetangga.

Berty mengatakan pada Rabu ini untuk kasus baru di Kota Yogyakarta tercatat bertambah 32 kasus, di Kabupaten Kulon Progo 22 kasus, dan di Kabupaten Gunungkidul 23 kasus.

Tingginya kasus baru hari ini diwarnai laju kematian akibat kasus itu yang bertambah sebanyak tujuh orang sehingga total kasus meninggal akibat Covid-19 di DIY menjadi 1.239 kasus.

Tujuh orang yang meninggal akibat Covid-19 hari ini empat warga Sleman, dua warga Bantul dan satu warga Gunungkidul. “Jumlah kasus sembuh hari ini sebanyak 210 kasus, sehingga total sembuh menjadi 42.991 kasus,” kata Berty. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here