Satu Minggu Khotmil Quran Sambut Hari Santri 2021, Program Mahasiswa KKN UIN Walisongo

SEMARANG (Sigijateng.id) – Dalam rangka peringatan hari santri 2021, Kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang menggelar acara Satu Minggu Khotmil Qur’an yang ditujukan kepada para pejuang bangsa serta para santri seluruh Indonesia.

Khotmil Qur’an dilaksanakan mulai tanggal 16 Oktober 2021 dengan pembagian juz kepada seluruh internal kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang dan puncak khataman dengan membaca Q.S Adh-Dhuha sampai Q.S An-Nas secara virtual bersama-sama serta doa khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Syamsudin Aziz Saputra, anggota kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari santri yaitu tanggal 22 Oktober 2021.

Kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang juga mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta dalam puncak khataman yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2021 sebelum maghrib.

“Saya berharap dengan adanya Khotmil Qur’an bersama masyarakat, dapat meningkatkan minat membaca Al-Quran dalam masyarakat, karena di era sekarang, Al-Quran sudah mulai terlupakan dan hanya menjadi pajangan di dalam rumah. Pesan saya, dengan adanya hari santri ini, saya berharap santri-santri yang sedang menimba ilmu di pesantren dan mengaji bisa belajar dengan bersungguh-sungguh sehingga kedepannya banyak lahir santri-santri yang bisa membangun negeri ini menjadi lebih baik,” Kata Awang Rendy Maulana, Koordinator Kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang.

Khotmil Qur’an ini merupakan salah satu program dalam serangkaian acara festival hari santri yang diselenggarakan oleh Kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang.

“Acara khataman sebagai pembuka serangkaian festival hari santri memiliki filosofi bahwa seorang santri tidak akan pernah lepas dari kitab suci Al-Qur’an. Selaras dengan tema yang diangkat dalam acara kami, dimana Al-Qur’an adalah Asy-Syifa, obat untuk jiwa kita seorang muslim, bahkan juga obat untuk raga kita. Sehingga harapannya kita bisa menjadi pribadi yang sehat dan kuat salah satunya juga dari kemauan kita dalam membumikan Al-Quran,” kata Faqih M Fatar, Ketua Panitia acara Festival Hari Santri Nasional 2021 Kelompok 86 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang

Dengan diadakannya khotmil Qur’an ini diharapkan negara ini segera terbebas dari pandemi covid-19 serta para santri dapat lebih giat dalam berpartisipasi menyukseskan segala program-program negara.

Aflaha, salah satu peserta khotmil Qur’an- menuturkan bahwa serangkaian acara khotmil quran ini sangat bermanfaat, terutama untuk mengisi waktu luang. Dia semakin termotivasi untuk membaca Al-Qur’an lebih giat lagi.

“Kegiatan seperti ini sangat tepat diadakan dalam menyambut momentum hari santri, terlebih diakhir acara dilanjutkan dengan mauidzah hasanah dari gus Wahid mengenai kisah inspiratif para santri,” kata Aflaha. (kel 86/asz).

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini