Satpol PP Kota Semarang Amankan 13 Gelandangan dan Pengemis, Tujuh Dari Luar Kota

Petugas Satpol PP Kota Semarang saat menertibkan pengemis dan gelandangan di sekitar Simpang Lima Kota Semarang. (Mushonifin)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Satpol PP Kota Semarang lakukan operasi yustisi di beberapa wilayah Kota Semarang untuk melakukan penertiban di bulan Ramadhan. Salah satu yang dilakukan adalah menertibkan Pengemis, Gelandangan, dan Orang Terlantar (PGOT).

Kepala satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan bahwa hari ini, Rabu (14/4/2021) pihaknya telah menertibkan sekitar 13 orang yang terdiri dari laki-laki 9 orang, wanita 4 orang. Diantara mereka hanya 5 orang yang memiliki KTP sedangkan 8 lainnya tidak dan 7 orang di antaranya adalah warga luar Kota Semarang.

Selain itu, pada hari puasa pertama kemarin Selasa (13/4/2021), Satpol PP berhasil menertibkan 7 orang.

“Hari pertama kita tertibkan 7 orang dan hari kedua 13, tersebar di berbagai Jl, protokol, satpol akan terus melakukan penertiban sebagaimana bulan bulan sebelumnya tetap kita lakukan penertiban,” ujar Fajar saat diwawancara.

Untuk warga luar Kota Semarang, Fajar akan berkomunikasi dengan Kasatpol PP di daerah salahnya agar dibina dan dikembalikan ke keluarga.

“Kami akan berkirim surat ke satpol PGOT daerah asal mereka agar dilakukan pembinaan dan tidak melakukan aktivitas lgi di kota Semarang,” lanjutnya.

Fajar menjelaskan bahwa operasi yustisi seperti ini sudah sering dilakukan, namun di Bulan Ramadhan, aktivitas operasi ditingkatkan mengingat potensi keberadaan PGOT makin besar.

“itu sudah biasa kita lakukan di bulan-bulan sebelumnya, cuma karena bulan Ramadhan maka kita tambahi sore hari penertibannya,” tandas Fajar.

Fajar mengatakan pihaknya melakukan operasi dari pagi hingga sore hari.

“Setiap hari Kita lakukan penertiban, pagi sampai malam hari,” tegasnya.

“Apa yang kita lakukan sesuai dengan Perda Kota Semarang No 5/2014 tentang penanganan PGOT mas,” tegas Fajar kembali menjelaskan dasar hukum operasi yang dilakukannya.

Dua hari ini Satpol PP Kota Semarang telah melakukan oprasi di beberapa wilayah seperti Jl. Jenderal Soedirman, Jl. Indraprasta, Jl. Pierre Tendean, Jl. MH Thamrin, Jl. Pandanaran, Jl. Simpang Lima, Jl. Pahlawan, Jl. Ahmad Yani, Jl. MT Haryono, Jl. Bubakan , Jl. Dr Cipto, Jl. Kartini, dan Kampung Kali. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini