Santri Positif Covid 19, Petugas Tetap Antar Kembali Sampai Pondok untuk Jalani Isolasi

Santri asal Kendal yang hendak kembali ke Pondok Pesantren Lirboyo Jatim jalani swab antigen yang difasilitasi Dinkes Kendal di Stadion Bahurekso Kendal, Minggu (23/5/2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Baznas Kendal bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal (Dinkes) memfasilitasi pemeriksaan Swab Antigen bagi santri asal Kendal yang akan kembali ke pondok pesantren di sejumlah daerah.

Meski dari pemeriksaan nantinya diperoleh hasil positif, maka santri tersebut tetap akan diberangkatkan ke pondok dengan pengawalan petugas.

“Jika dalam pemeriksaan swab antigen hasilnya positif tetap kita berangkatkan. Namun nanti diantar khusus oleh petugas berpakaian lengkap sampai ke pondok pesantren untuk menjalani isolasi,” kata Kepala Dinkes Kendal Ferinando Rad Bonay usai melepas santri asal Kendal ke Ponpes Gontor di Stadion Bahurekso Kendal, Minggu (22/5/2021).

Ferinando menyebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak pondok pesantren, jika nanti ada yang positif saat dilakukan tes swab antigen, agar menyiapkan ruang isolasi. Mereka tetap diberangkatkan karena sudah jadwal santri kembali ke pondok.

“Tapi kita tetap koordinasi dengan pondok yang bersangkutan, agar disiapkan ruang isolasi. Nantinya santri yang positif tidak berangkat bersama dengan santri lainnya yang hasil swabnya negatif agar tidak menularkan ke santri lainnya,” terang dia.

Ia menyampaikan kegiatan ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, khususnya mencegah klaster pondok. “Hari ini kita lakukan rapid antigen kepada 350 santri yang hari Senin (24/5/2021) nanti akan berangkat ke Pesantren Lirboyo Kediri, dalam rangka mencegah klaster pondok pesantren,” ungkap Ferinando.

Dirinya berharap, dengan dilakukan rapid antigen ini, saat para santri kembali ke ponpesnya, tidak akan membawa virus Covid di pondoknya. “Rapid ini sekaligus memastikan bahwa para santri yang akan kembali ke Ponpesnya di Jawa Timur aman dari virus Covid-19,” jelasnya.

“Pada Sabtu (22/5/2021) kematin ada 33 santri yang jalani pemeriksaan swab antigen, hasilnya negatif semua dan santri diberangkatkan menggunakan satu bus,” imbuhnya.

Pihaknya berpesan kepada santri yang kembali ke pondok di luar Kendal agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. “Tetap jaga protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan agar memutus mata rantai penyebaran covid 19,” pungkasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini