Sambut HUT RI Ke-76, Pemkot Semarang Merah-Putihkan Balaikota

Suasana kompleks Balaikota Semarang yang bernuansa merah putih. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Meski dalam suasana keterbatasan di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang memiliki cara menarik dalam menyambut peringatan HUT RI ke-76 di bulan Agustus ini. Hal itu dilakukan dengan membalut Balaikota Semarang yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 148 dengan nuansa warna merah putih. Sebanyak 17 tiang bendera merah putih terpasang di lantai paling atas gedung pusat pemerintahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Di bawahnya juga terbentang spanduk berukuran besar bertuliskan “SEMARANG SEMAKIN HEBAT”.

Selain di gedung balaikota, bendera merah putih dan atribut-atribut kemerdekaan yang lain juga dipasang pada sejumlah titik aktivitas Pemerintah Kota Semarang, misalnya Rumah Dinas Wali Kota Semarang yang saat ini menjadi Rumah Isolasi Covid-19, Gedung Pandanaran di area Tugu Muda, dan Gedung Juang 45 di Jalan Pemuda yang berdekatan dengan Balai Kota Semarang.

Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Abdul Haris, Kamis (12/8/2021) mengungkapkan meski tidak semeriah biasanya karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun hal tersebut jangan sampai menyurutkan semangat untuk tetap menyemarakkan hari kemerdekaan dan meningkatkan kecintaan kepada negara Republik Indonesia.

“Pemerintah kota Semarang menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dan menyemarakkan hari bersejarah yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang. Partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan memasang dan mengibarkan bendera merah putih secara serentak mulai tanggal 1 Agustus s/d 31 Agustus 2021,” himbau Abdul Haris.

Dirinya juga menuturkan jika pada tanggal 17 Agustus 2021 mulai pukul 10.17 selama 3 menit, seluruh masyarakat dihimbau untuk menghentikan aktivitasnya sejenak, berdiri tegak saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai pelosok wilayah.

“Guna mensosialisasikannya, bapak Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan untuk pimpinan lembaga atau instansi pemerintah, Direksi BUMN dan BUMD agar memeriahkan HUT ke-76 RI,” lanjut Haris.

Himbauan wali kota Semarang tersebut menurutnya adalah bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

“Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, kita tetap bisa mengapresiasi perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan dengan meningkatkan kecintaan kepada negara Republik Indonesia, salah satunya dengan turut serta memperingati hari kemerdekaan ini,” pungkasnya.

Senada dengan Abdul Haris, Asisten Administrasi Pemerintahan, Trijoto Sardjoko menjelaskan bahwa dalam peringatan HUT RI kali ini utamanya Pemerintah Kota Semarang tetap menyelenggarakan kegiatan doa bersama secara virtual guna mengucap syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan kepada bangsa Indonesia.

“Guna menambah kemeriahan HUT RI kali ini, telah disusun rangkaian agenda kegiatan seperti Istighosah dan Doa Bersama dalam rangka Peringatan HUT RI dengan pembicara KH. Fauzi Arkan dari Salatiga secara virtual, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Tahun 2021 secara virtual, dan Festival Literasi Virtual,” terang Trijoto.

Dirinya juga menjelaskan bahwa HUT RI tahun ini sebagian besar kegiatan diselenggarakan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Terkait hal tersebut, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak menggelar perayaan seperti lomba karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan warga yang berujung pada peningkatan kasus Covid-19. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini