Sah, KPU Kendal Resmi Tetapkan Dico-Basuki Sebagai Bupati/wabup Terpilih di Pilkada Kendal

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menetapkan pasangan Dico M Ganinduto bersama Windu Suko Basuki sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal terpilih dalam rapat pleno terbuka yang digelar dengan prokes ketat di aula KPU pada, Kamis (21/1/2021).

Kendal  (Sigi Jateng) –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menetapkan pasangan Dico M Ganinduto bersama Windu Suko Basuki sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal terpilih dalam rapat pleno terbuka yang digelar dengan prokes ketat di aula KPU pada, Kamis (21/1/2021).

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, penetapan pasangan terpilih tertuang dalam surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kendal Nomor 9/PL.02.7-Kpt/3324/KPU-Kab/1/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2020.

Menurutnya, prosesi penetapan bupati dan wakil bupati sudah sesuai dengan dasar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Terkait kapan waktu pelantikannya, Hevy menegaskan, pelantikan bupati dan wakil bupati merupakan kewenangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sedangkan waktunya diusulkan oleh DPRD Kendal kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Kapan waktu pelantikannya itu wewenang Mendagri, pengusulanya dari DPRD Kendal melalui Gubernur. Kalau untuk jabatan Bupati dan Wakil Bupati saat ini, berakhir pada 16 Februari 2021,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Kendal 2020 lalu, pasangan nomor urut satu, Dico-Basuki memperoleh 279.632 suara. Disusul pasangan nomor urut dua, Ali Nurudin dengan Yekti Handayani, yang memperoleh 214.299 suara. Kemudian pasangan nomor urut tiga, memperoleh 74.371 suara.

Sementara itu, Bupati terpilih Dico M Ganinduto, usai acara mengungkapkan rasa syukur atas penetapan dirinya bersama Wabup Windu Suko Basuki. Dia pun juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mendukungnya. “Terima kasih atas dukungan semuanya. Kami akan menjalankan amanah dari masyarakat, untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kendal sesuai dengan visi misi kami,” kata Dico. (dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here