Saat Pramuka Saka Wira Kartika Digembleng Ilmu Sigap Hadapi Bencana Alam

Salah satu instruktur memberikan pelatihan pertolongan pertama kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika, Minggu (14/11/2021). Foto : Istimewa

Kendal (Sigi Jateng) – Sebagai wujud kepedulian Kodim 0715/Kendal melalui Pramuka Saka Wira Kartika dalam membina generasi muda. Digelar berbagai kegiatan ketrampilan diantaranya kemampuan kewaspadaan dan siaga dalam menghadapi bencana alam.

Pergantian musim kerap menimbulkan bencana alam mulai angin kencang, banjir dan tanah longsor. Untuk itulah masyarakat diminta untuk selalu waspada dan siaga menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu datang.

Kepala Staf Kodim 0715/Kendal Mayor Sukamto mengatakan pembinaan pramuka Saka Wira Kartika guna membina generasi muda agar menjadi generasi yang tangguh dan tanggap serta terhindar dari hal-hal negatif.

“Diharapkan mereka mampu menjadi patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa,” terangnya.

Mayor Sukamto menyampaikan kewaspadaan juga diterapkan kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika dengan memberikan bekal kemampuan dan ketrampilan salah sataunya mengenai penanggulangan bencana alam.

Dalam kegiatan kali ini, peserta akan dibekali dengan 5 materi Krida antara lain, Krida Navigasi Darat, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, dan Krida Penanggulangan Bencana Alam. “Materi yang akan diberikan dan dilatihkan ini tujuannya untuk membentuk generasi muda yang tangguh, kreatif, berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” tuturnya.

Selain untuk menciptakan sikap kesiapsiagaan, lanjut Mayor Sukamto, pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika juga merupakan program kerja TNI AD bidang teritorial dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

“Setiap siswa siswi harus mampu meningkatkan keterampilan kepramukaan serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban Bela Negara, maupun kepedulian terhadap fasilitas umum, dan mengutamakan kepentingan masyarakat,” tandasnya.

Salah satu pendamping peserta kegiatan pelatihan mengaku senang bisa belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan langsung dari orang-orang yang benar-benar terlatih. “Sangat menyenangkan, melihat anak-anak bisa langsung belajar dari ahlinya, dari orang-orang yang benar-benar terlatih.” tutur Ustadz Mi’roj Al Arsy, pendamping sekaligus pembina pramuka di Darul Amanah Sukorejo.

“Kegiatan seperti ini, akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi santri. Terima kasih, kepada Kodim 0715/Kendal, Dewan Saka, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini” imbuhnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini