Ringankan Biaya Pendidikan Masa Pandemi, SD Hassanudin 4 Semarang Gratiskan SPP Peserta Didik Baru

SEMARANG (Sigi Jateng) – SD Hasanuddin 4 Kecamatan Genuk Kota Semarang membuat gebrakan pada momentum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 ini. Sekolah swasta yang cukup dikenal di masyarakat Kota Semarang ini menerapkan kebijakan Sekolah Gratis bagi para pendaftar pada tahun pelajaran 2021/2022.

Zamah Syari (38), selalu kepala sekolah mengatakan kebijakan ini diputuskan bertepatan saat momentum Hari Pendidikan Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 2 Bulan Mei lalu.

“Program Sekolah Gratis ini juga menyesuaikan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 yang mengusung Kemerdekaan Belajar,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Ketua MKK SD PC LP Ma’arif NU Kota Semarang ini pada Selasa (1/6/2021).

Rupanya keputusan yang ia tetapkan untuk seluruh peserta didik baru mulai awal tahun 2021 ini, berbarengan dengan hajat pendidikan nasional yang sedang berusaha mewujudkan kemerdekaan belajar bagi peserta didik SD, SMP, SMA. Sehingga dia merasa sudah saatnya kemerdekaan belajar dimulai dari kebijakan seolah yang ia pimpin.

“Bismillah saya yakin, kebijakan ini sangat ditunggu masyarakat yang kebetulan sedang diuji finansialnya,” ujar Zamah Syari.

Keputusan yang cukup besar ini juga berkaitan dengan sulitnya orang tua siswa menyekolahkan putra-putrinya karena perekonomian sedang terdampak pandemi covid-19.

“Kami meyakini hal ini bisa menjadi solusi terbaik bagi orang tua yang mengalami masalah finansial di masa pandemi covid-19,” tekannya.

Salah satu orang tua peserta didik baru, Siti Mursidah, mengaku bahagia atas kebijakan baru yang ditetapkan oleh Zamah Syari yang tak lain adalah teman semasa duduk di bangku SMA dulu. Pasalnya, Siti Mursidah menunggu program gratis sekolah ini sejak 3 tahun lalu.

“Ya saya sangat bersyukur program sekolah gratis ini bisa diselenggarakan, sudah 3 tahun lalu bapak Zamah Syari ingin melaksanakan program sekolah gratis ini, dan Alhamdulillah bisa dilaksanakan tahun ini. Jadi alokasi biaya SPP yang seharusnya saya bayarkan untuk anak saya, bisa saya belikan beras dan minyak goreng,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Charlis Susanto yang beberapa waktu lalu mendaftarkan anaknya di SD Islam Hasanuddin 4.

“Saya mendaftarkan anak saya di SD Islam Hasanuddin 4 dan Alhamdulillah gratis tanpa biaya sama sekali, Program Sekolah Gratis yang dicanangkan SD ini sangat membantu saya bisa mengurangi beban ekonomi keluarga kami apalagi umumnya mendaftarkan sekolah banyak sekali biayanya,” jelasnya.

SD Islam Hasanuddin 4 memang tidak memungut biaya sama sekali dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, baik Biaya Pendaftaran, Biaya Uang Gedung, Biaya SPP dan lain-lain. (Rifky Akbar)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini