Ribuan Kendaraan Terjebak, Akses Jalan Nasional Jakarta-Cilacap Putus Akibat Terendam Banjir Satu Meter

Ribuan kendaraan terjebak macet akibat banjir merendam jalan sepanjang 100 meter di Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. (Foto: Istimewa)

Cilacap (Sigi Jateng) – Genangan banjir satu meter merendam jalan sepanjang 100 meter di Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. Akibatnya, akses jalan nasional yang menghubungkan Jakarta-Cilacap via Banyumas terputus tak dapat dilewati kendaraan, Rabu (21/7/2021).

Banjir yang merendam di dua titik jalan nasional tersebut disebabkan karena Sungai Jambu meluap setelah diguyur hujan hingga berjam-jam pada Selasa (20/7/2021) malam sampai Rabu (21/7) pagi.

Banjir merendam dua titik yang mengakibatkan ribuan kendaraan baik roda empat dan dua terjebak macet hingga berjam-jam.

Data Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap menyebutkan ada lima desa terdampak banjir ini. Yakni Desa Jeruklegi Kulon, Cilibang, Sawangan, Brebeg dan Desa Prapagan.

“Saya antre hampir tiga jam mau ke Cilacap. Mau putar balik sudah terlanjur jauh. Ya kita tunggu sampai surut, kalau nggak ya mungkin saya balik lagi,” kata Suwanto, pengendara sepeda motor yang terjebak banjir.

Pihak BPBD Cilacap mengimbau kepada warga yang bermukim di wilayah yang terdampak banjir agar waspada jika hujan kembali turun untuk mengantisipasi genangan banjir semakin parah.

Sementara, untuk membantu pengendara yang terjebak banjir, warga sekitar mengangkut sepeda motor milik pengguna jalan dengan imbalan Rp20.000 untuk satu motor. Sementara, petugas kepolisian, BPBD dan relawan menyeberangkan warga dengan menggunakan perahu karet. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here