Revitalisasi 4 RTH di Kendal ini Jadi Prioritas Wujudkan Visi Misi Pembangunan Kendal Handal

Bupati Dico M Ganinduto bersama Wabup Windu Suko Basuki didampingi dinas terkait melakukan groundbreaking peletakan batu pertama pembangunan revitalisasi RTH di Weleri, Senin (7/6/2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan revitalisasi sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) di sejumlah tempat di Kabupaten Kendal mulai tahun 2021 ini. Revitalisasi RTH memiliki tema dengan memperhatikan fungsi estetika dan sosial.

“Iya setidaknya ada empat RTH yang akan direvitalisasi. Diantaranya RTH Sukorejo, RTH Kaliwungu, RTH Kendal Kota dan RTH Weleri ini,” kata Plt Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Sudaryanto kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Sudaryanto mengungkapkan, jika pembangunan revitalisasi RTH ini Pemkab menggandeng sejumlah stakeholder swasta baik perusahaan maupun perbankan melalui CSR. “Untuk RTH Weleri ini sesuai design yang sudah dibuat akan menelan biaya 1,8 Miliar. Targetnya tahun ini selesai,” ungkapnya.

Menurutnya, revitalisasi RTH di empat wilayah di Kabupaten Kendal akan menjadi prioritas dalam rangka mewujudkan visi dan misi pemerintahan Bupati Kendal Dico M Ganinduto. “Revitalisasi ini tetap memperhatikan nilai estetika edukatif lingkungan. Sehingga warga akan memanfaatkannya dengan baik,” tuturnya.

Terlebih grand design yang sudah dibuat, lanjut Sudaryanto, di RTH Weleri ini nanti akan dilengkapi berbagai fasilitas. Diantaranya, jogging track, tribun, taman bermain, lapangan serba guna dan landmark yang menandakan ikon Weleri.

“Ruang publik di RTH Weleri nantinya juga akan dilengkapi fasilitas wifi. Sehingga masyarakat akan betah dan nyaman selama berada di RTH tersebut,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan bahwa RTH merupakan area publik yang berada dalam kota dan penggunaan dapat digunakan secara terbuka. Penggunaan RTH diharapkan bisa menjadi wadah bagi warga sekitar terutama untuk beraktivitas yang positif.

“Karena ini masih dalam masa pandemi tentunya prokes tetap menjadi faktor utama, nantinya kita dari pemerintah tentunya akan memperhatikan perawatan RTH. Diharapkan juga adanya pembenahan RTH bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam beraktivitas yang positif, secara bertahap kita akan lengkapi fasilitas seperti wi-fi agar RTH juga bisa menjadi tempat kerja,” terang Dico M. Ganinduto.

Untuk diketahui, perbaikan RTH yang didukung melalui CSR Perbankan dan perusahaan Swasta telah berkomitmen melakukan pembenahan. Seperti PT IGN yang berkomitmen melakukan pembenahan di pertigaan Patebon, sedangkan KIK akan melakukan pembuatan RTH di sepanjang akses keluar masuk kawasan. (Adv/Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini