Ratusan Atlet PON Jateng Divaksin Covid-19

Salah satu Atlet PON Jateng berpegang erat saat menajalani vaksin di RS Panti Wilasa Dr Cipto, Jl Cipto Semarang, Rabu (21/4/2021).

SEMARANG (Sigi Jateng) – Sebanyak 151 atlet dari 11 cabang olahraga yang dipersiapkan ke PON XX Papua, menerima suntikan vaksin anti Covid-19 di RS Panti Wilasa Dr Cipto, Jl Cipto Semarang, Rabu (21/4/2021).

Kabid Kesehatan KONI Jateng dr Mahalul Azam menjelaskan bahwa pada kesempatan pertama ini KONI mendapat 200 kuota. Namun dari kuota itu, 50 di antaranya sudah menerima vaksin di daerahnya atau di Pelatnas, sehingga yang memanfaatkan hanya 150 atlet.

Adapun atlet yang menerima vaksin yakni wushu 17 atlet, muaythai (12), menembak (6), angkat besi (6), angkat berat (2), atletik (21), tarung derajat (14), sepatu roda (9), taekwondo (20), bola basket (31), panjat tebing (13).

“Saat ini ada sebanyak 450 atlet Jateng menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON XX. Dengan demikian, masih ada 250 atlet yang menunggu giliran jatah vaksin Covid-19, sehingga menjelang keberangkatan PON semua atlet sudah tervaksin,” katanya.

Meski demikian, tambah Azam, nanti akan dicek lagi dan bisa bisa jadi akan berkurang dari angka itu. Sebab ada beberapa cabang olahraga yang diperkuat atlet berusia di bawah 18 tahun. Padahal peruntukan vaksin ini untuk orang berusia 19 tahun ke atas.

Di samping atlet, kontingen PON Jateng yang akan berangkat ke PON Papua juga dilengkapi pelatih 70 orang, asisten pelatih (63), pelatih nasional (2) sehingga total 135 orang. Di samping itu, juga ada pendukung lain Pelatda yakni manajer cabang olahraga (39), atlet sparring partner (60), dokter (3), psikolog (3), masseure (6), total 111 orang.

Atas terselenggaranya pemberian vaksin ini, Ketua Umum KONI Jateng Subroto menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang telah memfasilitasi vaksin lewat Dinas Kesehatan Jawa Tengah. ‘’Atas nama insan olahraga Jawa Tengah kami menyampaikan terima kepada Gbernur Jateng Pak Ganjar Pranowo dan Pak Yulianto Prabowo, kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah atas tervaksinnya atlet PON XX Jateng,’’ kata Subroto.

Tinggalkan Puluhan Atlet

Sementara Kabid Humas KONI Jateng Darjo Soyat menjelaskan, Jateng sebenarnya meloloskan 490-an atlet dari babak kualifikasi PON XX lalu. Namun dalam evaluasi dengan menghitung peluang perolehan medali serta pengalaman bertanding atlet, maka hanya 450 atlet yang akan dikirim ke PON Papua.

‘’Jateng akan mengikuti 35 cabang olahraga dengan 44 disiplin dan 403 nomor pertandingan,’’ kata Darjo.

Dari atlet dan cabang olahraga yang lolos itu, kemudian diklasifikasi berdasarkan potensi dan peluang. Pertama, unggulan satu (tujuh cabang olahraga), yakni ditarget minimal masing-masing cabang merebut tiga medali emas atau lebih. Kedua, unggulan 2A (8 cabang olahraga) ditarget dua atau lebih medali emas. Ketiga, unggulan 2B (7 cabang olahraga) ditarget minimal satu emas. Keempat, unggulan 3 (15 cabang olahraga), diharapkan membuat kejutan medali emas, perak atau perunggu.

‘’Jadi jika perencanaan itu berjalan baik maka akan terkumpul medali emas 21 + 16 + 7 = 44 emas. Inilah hitung-hitungannya,’’ kata Darjo. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here