Rakerwil, PKS Jateng Siapkan Program Hidupkan Geliat Ekonomi Rakyat

Ketua DPW PKS Jateng M Haris

SEMARANG (Sigi Jateng)  – PKS Jawa Tengah persiapkan program untuk membantu geliat dan gairah perekonomian masyarakat. Ketua DPW PKS Jawa Tengah Muh Haris mengatakan bahwa tahun 2021 ini adalah tahun dimana masyarakat Jateng untuk bergerak maju mengakhiri masa pandemi Covid 19.

Beberapa program disiapkan lintas bidang dan lintas generasi untuk membersamai masyarakat. Beberapa program disiapkan seperti pelatihan wirausaha, pendampingan untuk meningkatkan bisnis, memperkuat sektor pertanian, serta membangun jejaring pasar.

“PKS Jateng berkomitmen menciptakan dan menjaga hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan juga elemen kebangsaaan lainnya. InsyaAllah tanggal 2-3 ini kita (PKS) Rakerwil, kita diskusikan karya dan kontribusi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial,” jelas muh Haris di Kantor DPW PKS Jateng, Rabu (31/03/2021).

DPW PKS Jateng menggelar Rakerwil selama 2 hari, Jumat- Sabtu (2- 3 April 2021), diikuti seluruh DPC, DPD PKS dan seluruh kader pelopor se Jateng baik melalui daring maupun luring.

Ketua DPW PKS Jateng Muh Haris mengatakan bahwa, DPW PKS Jateng telah menyerap ide-ide dari berbagai kalangan. Termasuk mempersilahkan bagi simpatisan dan masyarakat untuk turut berpartisipasi langsung dengan menyampaikan masukannya melalui kanal PKS Jateng. Salah satu masukan yang masuk berkaitan fokus kerja DPW PKS Jateng menyiapkan geliat kebangkitan ekonomi di Jawa Tengah dimasa recovery pandemi covid-19.

“PKS Jateng mempersiapkan struktur dan kadernya untuk memberikan pelayanan maksimal, melalui program kerja dari seluruh bidang, struktur, dan anggota legislatif. Khususnya misi pelayanan sosial kemanusiaan yang mendesak dalam penanganan dampak pandemi covid-19, agar masyarakat mampu melewati krisis pandemic,” lanjut Muh Haris. 

Berita Terbaru:

Pada kesempatan Rakerwil nanti, PKS Jateng menegaskan kembali komitmennya untuk terus aktif dan turut serta berperan membantu masyarakat untuk bersama-sama menggeliatkan kembali perekonomian di Jawa Tengah.

“Tren covid-19 yang kurvanya mulai melandai, kita harus mulai bersiap untuk bisa kembali bangkit, baik dari sektor  perekonomian, kesehatan, dan lain-lain. Oleh karenanya PKS Jateng mulai membahas dan menyusun program-program yang dapat saling bersinergi dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah, maupun pemerintah kabupaten dan kota,” tegasnya. 

Beberapa program yang dibahas pada rakerwil PKS kali ini, seperti sekolah pemuda PKS yang merupakan program pendampingan bagi kaum muda dan sekolah bagi petani.

“Kami memiliki sebuah pandangan bahwa Jawa Tengah ini adalah salah satu daerah yang sangat potensial dalam segi pengembangan agri bisnis. Sehingga masyarakat kita coba untuk dorong kembali agar bergeliat lagi di sektor agribisnis. Maka kita coba lakukan pendampingan, pelatihan, dan kita coba untuk membangun jejaring pasar, yang dikomandoi oleh teman-teman di jaringan ekonomi, yang ada di PKS.” 

Jaringan ekonomi ini berdasarkan keterangan Muh Haris, sudah mulai bergerak untuk mengumpulkan lebih dari 1000 UMKM dari berbagai sektor bisnis, mulai dari bisnis kreatif, agribisnis, sociopreuneur dan lain sebagainya. Dengan sinergi dari semua bidang yang ada, agar dapat mendukung kegiatan perekenomian yang ada di Jawa Tengah. 

Ketua DPW PKS yang juga Wakil walikota Salatiga ini mengungkapkan untuk meningkatkan dan mempercepat laju perekonomian Jateng perlu adanya kerjasama dari semua pihak.

“Kita perlu mendukung penuh usaha pemerintah terkait pengelolaan UMKM, dengan membantu agar UMKM di Jawa Tengah ini bisa naik kelas. Dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat. Upaya tersebut dapat diwujudkan dengan memperluas pasar dan mengoptimalkan digitalisasi pada level UMKM agar UMKM bisa terus bergerak,” pungkas Muh Haris. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here