Putus Mata Rantai Covid-19, Vaksinasi ke Santri, Pelajar, dan ODGJ Gencar Dilakukan dengan Door to Door

Bupati Dico M Ganinduto saat melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi di sejumlah daerah. Foto : Istimewa

Kendal (Sigi Jateng) – Hingga di akhir September 2021 ini, pemerintah kabupaten Kendal terus gencar melakukan kegiatan vaksinasi covid-19. Ditargetkan, di akhir bulan ini bisa mencapai 70 persen masyarakat harus sudah mendapatkan vaksin.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melakukan meninjau vaksinasi di salah satu Ponpes APIK Kaliwungu mengatakan setidaknya ada 1.000 santri yang divaksin dengan satu dosis. Pelaksanaan vaksinasi juga digelar di sejumlah tempat.

“Kita harapkan di akhir bulan ini target 70 persen masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sebagai upaya meningkatkan herd immunity dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata dia, Selasa (28/9/2021).

Seperti di Kecamatan Pageruyung, pelaksanaan vaksin dilakukan di Balai Desa Surokonto Kulon dan Balai Desa Petung. Kapolsek Pageruyung Iptu Adi Winarno mengungkapkan bahwa vaksinasi ini dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Pageruyung.

“Pengamanan kegiatan pemberian vaksin Covid-19 ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman sekaligus monitoring kegiatan tersebut dan vaksinasi dosis I Sinovac ini untuk 572 warga Kecamatan Pageruyung,” kata IPTU Adi Winarno.

Selain itu, kegiatan monitoring sekaligus pengamanan juga dilakukan dalam rangka mencegah timbulnya gangguan kamtibmas, sehingga dapat memberikan kenyamanan terhadap para tenaga medis maupun para peserta suntik vaksin Covid-19.

Hal serupa juga dilakukan di kecamatan Patebon, kegiatan vaksinasi dilaksanakan di beberapa tempat yakni di Puskesmas Patebon 1, Ponpes Nurul Qur’an Desa Sukolilan, Balai Desa Tambakrejo, SMP Negeri 3 Patebon, SMK Bhinneka Patebon dan mendatangi rumah warga atau door to door.

Pengasuh Ponpes Nurul Qur’an KH Moh Idris Nor mengatakan, jumlah warga yang tervaksin sebanyak 814 orang. “Di Puskesmas Patebon 1 vaksin yang digunakan sinovac jumlah tervaksin dosis I sebanyak 108 orang. Ponpes Nurul Qur’an santri dan masyarakat umum sebanyak 79 santri dan 11 warga sekitar,” katanya.

Sementara untuk pelaksanaan di Puskesmas Patebon 2 masyarakat umum disuntik vaksin sinovac sebanyak 350 orang dan dosis II vaksin moderna ada 111 orang. “Di SMP N 03 Patebon sasaran siswa siswi SMP N 03 Patebon sebanyak 39 orang, di SMK Bhinneka Patebon jumlah 100 orang dan dari rumah ke rumah dengan sasaran Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebanyak 27 orang,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Patebon AKP Miyardi menyampaikan himbauan agar masyarakat mematuhi Prokes dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. “Saya mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi,” tandasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here