Puasa Sebentar Lagi, 6 Amalan Terbaik Ini Bisa Dilakukan Selama Ramadhan

Ilustrasi

Sigi Jateng – Bulan Ramadhan 1442 Hijriah yang sebentar lagi tiba, banyak ditunggu-tunggu seluruh umat Islam. Dalam menentukan awal Ramadhan, Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat pada Senin 12 April 2021.

Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan. Maka dari itu, umat Muslim akan berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda yang telah Allah SWT janjikan.

Termasuk juga melakukan amalan-amalan di bulan Ramadhan. Jika dilakukan secara rutin selama bulan Ramadhan, tak hanya berpahala, kamu juga akan mendapatkan berkah yang melimpah.

Berikut 6 amalan di bulan Ramadhan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yang dihimpun dari berbagai sumber dan bisa dilakukan:

Puasa

Tentu saja puasa masuk dalam amalan bulan Ramadhan, karena wajib hukumnya. Setiap melakukan amalan di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan, mulai dari 10-700 kali lipat.

Namun, ada pengecualian untuk puasa. Sebab, Allah SWT sendiri yang akan membalasnya, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, berikut ini.

“Barang siapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah akan menghapuskan dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Membaca Alquran

Membaca Alquran di bulan Ramadhan dianggap sebagai amalan khusus, karena bisa digabungkan dengan amalan puasa. Sehingga seakan-akan, jika kamu berpuasa namun tidak membaca ayat Alquran, maka tidak mendapatkan fadillah ibadah.

Perbanyak sedekah

Meski sedekah bisa dilakukan kapan saja, namun memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Termasuk, jika kamu memberi makan orang untuk orang yang berbuka puasa.

“Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun.” (HR Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

Makan sahur

Bangun untuk makan sahur juga menjadi salah satu amalan bulan Ramadhan yang disunnahkan. Rasulullah SAW bersabda, seperti berikut ini.

“Makan sahur itu mengandung berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya sebiji kurma.”

Salat Tarawih dan Witir

Salat Tarawih dan Witir termasuk amalan bulan Ramadhan yang tak kalah istimewa. Apalagi, khusus Tarawih, salat sunnah ini hanya dikerjakan selama malam bulan Ramadhan saja.

Fokus ibadah di 10 hari terakhir

Pada 10 hari terakhir Ramadhan, Allah SWT menjanjikan akan memberikan ampunan kepada umat Islam yang beribadah. Salah satu hadis Rasulullah SAW turut menjelaskan mengenai hal ini.

“Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR Muslim).

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here