PT. KAI Lakukan Program TJSL Menyasar Kuli Panggul di Lingkungan Stasiun

Penyerahan sembako dari direksi PT. KAI kepada kuli panggul di stasiun. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sembako Gratis Ramadhan Tahun 2021 untuk para kuli panggul (porter) yang bekerja di stasiun-stasiun kereta api.

Humas PT. KAI Daop IV, Krisbiantoro mengatakan, bantuan tersebut total senilai Rp328.250.000.

“Santunan yang diberikan berupa paket sembako gratis senilai Rp250.000 per paket untuk 1.313 porter di berbagai stasiun kereta api. Adapun setiap paket terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, dan sirup,” ujar pria yang akrab disapa Krisbi.

Pembagaian paket sembako dilakukan serentak pada Senin (3/5/2021) di 12 wilayah kerja KAI yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang, dan Divre IV Tanjung Karang.

Khusus DAOP 4 Semarang akan dilaksanakan di stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu dengan jumlah total 112 Porter di stasiun tersebut. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Executive Vice President (EVP) 4 Wisnu Pramudyo di Stasiun Tawang.

Seusai penyerahan Wisnu mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian PT. KAI kepada Porter Stasiun yang selama ini telah membantu pelayanan kepada pelanggan. Selain itu, bantuan tersebut juga untuk membantu memulihkan perekonomian para porter di tengah pandemi.

“Memang pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan volume pelanggan kereta api. Dampak pandemi tersebut juga turut dirasakan oleh para porter di stasiun yang selama ini bergantung kepada para pelanggan yang menggunakan jasanya,” kata Wisnu.

“Porter di stasiun merupakan mitra KAI yang bertugas membantu mengangkat barang-barang bawaan pelanggan di saat keberangkatan atau kedatangan kereta api. Tidak jarang porter juga membantu pelanggan KAI terkait info perjalanan dan fasilitas yang ada di wilayah stasiun tersebut,” lanjut Wisnu.

Kegiatan pembagian sembako ini merupakan program rutin CSR PT. KAI yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadhan dalam rangka membantu pihak-pihak yang membutuhkan bantuan.

“Semoga dengan adanya bantuan yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan membantu untuk mencukupi kebutuhan pokok para porter di tengah situasi pandemi Covid-19,” tutup Wisnu. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here