PT KAI Buka Layanan GeNose C19, Calon Penumpang KA Di Stasiun Pekalongan Mengaku Nyaman

PT KAI Daop IV Semarang buka layanan GeNose C19 cegah penyebaran corona di Stasiun Pekalongan, Selasa (30/3/2021).

Pekalongan (Sigi Jateng) – Mulai hari ini, Stasiun Pekalongan melayani pemeriksaan GeNose C19 untuk mencegah penyebaran Covid-19 bagi para penumpang dengan mudah, cepat dan nyaman. Layanan tersebut digelar PT KAI Daop IV Semarang di lima stasiun kereta api (KA).

“Untuk wilayah Daop 4 Semarang, mulai tanggal 30 Maret 2021 jumlah pelayanan GeNose C19 ada 5 stasiun yakni Stasiun Tawang, Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu,” kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, PT KAI menjadi moda transportasi yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Hingga 28 Maret 2021, KAI Daop 4 Semarang telah melayani 22.832 peserta pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun.

“Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes,” ujarnya.

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 44 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh,” sambung dia.

Dia menambahkan, mulai 30 Maret terdapat 21 stasiun KA yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Di antaranya Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, Purwosari, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

“Dengan adanya penambahan ini, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 44 stasiun,” ungkapnya.

“Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu calon penumpang KAI, Puji Winarti mengaku senang dengan adanya layanan GeNose di stasiun, sebab prosesnya lebih mudah dan cepat. Selain itu, harganya murah terjangkau hanya membayar Rp 30 ribu tidak perlu rapidtest antigen maupun lainnya.

“Senang sekali tentunya, sebab lebih cepat mudah dan tidak perlu antri. Tadi hanya disuruh menghembuskan udara dari nafas lalu dikeluarkan dan dimasukkan ke plastik. Tidak perlu rapid test, dan hasil surat GeNose ini berlakunya untuk tiga hari,” ujar penumpang yang mengaku akan ke Bandung ini.

Diketahui, Kereta Api menjadi moda yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Hingga 28 Maret 2021, KAI telah melayani 345.668 peserta pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini