PT GMM Target Giling Tahun ini 400.000 Ton Tebu

Antrian truk bermuatan tebu antri di pabrik GMM Blora, Selasa (4/5/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – PT Gendhis Multi Manis (GMM)Tinapan, Blora, Jawa Tengah hingga saat ini masih melakukan giling di 2021.Di tahun ini PT. GMM menargetkan giling 400.000 ton tebu.

“Saat ini masih melakukan giling, hingga awal bulan ini sudah 40.000 ton, dan perhari rata rata 2.500 ton tebu ” General Manager operasional PT GMM Hasbullah, selasa ( 04/05/2021)

Menurutnya setidaknya hingga saat ini setiap harinya ada 350 truck pengangkut tebu datang ke pabrik untuk menyetorkan tebu para petani.

“Kapasitas perhari 4000 ton, namun untuk saat ini perhari 2500 ton hal ini dikarenakan ada kerusanan boiler” Tambahnya

Meskipun demikian, lanjut Hasbullah, pihaknya tetap optimis tahun ini target 400.000 ton giling tebu bisa tercapai.

“Giling tahun ini sampai September, meski ada kerusakan salah satu mesin, kami optimis bisa tercapai” Jelasnya

Sementara itu General Manager SDM Ihsan Luasan lahan petani tebu di blora saat ini bertambah. Penambahan luas lahan ini tentu menandakan minat masyarakat bertani tebu juga meningkat.

” masyarakat blora saat ini banyak yang lari bertanam tebu penambahan lahan ada kurang lebih 500 Ha” Jelasnya

Pihaknya berharap dengan adanya penambahan lahan ini juga bisa menjadikan penambahan perekonomian masyarakat.

Sementara PT.GMM bekerjasama dengan empat Koperasi Petani Tebu Rakyat (KPTR) sebagai pemasok tetap yaitu Manteb, Mandiri Sejahtera Bersama, Mustika Manis dan Tunas Harapan Sejati.

Untuk giling tahun ini rencananya akan di dilaksanakan hingga September 2021. Untuk kapasitas giling perhari 4000 TCD (Expand 6000 TCD) atau kurang lebih 500 truk perhari. Sedangkan lahan parkir yang ada di GMM 600 truk jadi tidak ada yang parkir di luar area.

Untuk menjaga kwalitas dan kwantitas gula, tebu yang dikirim GMM tetap menerapkan mutu MBS Potlot. M artinya manis, di ukur dari kadar brignya 18 % keatas, B artinya bersih, tidak ada klaras dan bonggol serta S artinya segar, tebu tidka boleh nginap begitu ditebang langsung dikirim.(Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini