Program Agro Solution Disambut Baik Bupati Arief Rohman

Bupati Blora dalam acara Sosialisasi Agro Solution di Ruang Pertemuan Setda Blora, Jumat (26/3/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Bupati Blora Arief Rohman, menyambut baik adanya program Agro Solution yang menyasar para petani di Kabupaten Blora. Bupati Arief Rohman berharap, dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan pendapatan petani.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Blora dalam acara Sosialisasi Agro Solution di Ruang Pertemuan Setda Blora, Jumat (26/3/2021).

“Saya merasa bahagia dengan adanya program baru untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas pertanian yang ada di Kabupaten Blora ini. Apalagi Blora punya potensi pertanian padi jagung dan lainnya” ucap Bupati Arief Rohman.

Bupati Arief Rohman berharap agar program ini dapat menjadi salah satu solusi dari kendala yang dihadapi petani di lapangan mulai dari hulu hingga hilir. Sekaligus untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kita ingin program pertanian ini muaranya adalah bagaimana mensejahterakan petani kita,” lanjutnya.

Arief pun meminta kepada jajarannya untuk segera menindaklanjuti adanya program tersebut. 

“Tolong Bu Kadis Pertanian segera kita follow up secepatnya buat langkah-langkah cepat, MoU dan lainnya. Blora untuk segera bisa melaksanakan program ini” pungkasnya

Sementara itu Kasi Padi Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah, Karmiati SH, M.Si mengatakan bahwa sosialisasi program Agro Solution sudah dilakukan di beberapa kabupaten.

“Sebagai program Kementrian Pertanian RI yang sudah di MoU kan dengan kami. Maka kabupaten untuk wajib menindaklanjuti. Nantinya program ini mensaranai, mendampingi dan mengawal sampai pemasaran hasil pertaniannya. Harapan kami dari Distanbun Jawa Tengah nanti ada action eksekusi di lapangan. Insyaallah di Blora kami tindak lanjuti yang pertama untuk MoU nya” ucapnya.

Dalam paparannya, Staf Agro Solution dari PT. Petrokimia Gresik, Handyoko mengungkapkan bahwa program tersebut merupakan bagian dari PT Pupuk Indonesia dalam memberikan pendampingan budidaya kepada petani.

Berita Lainnya:

“Program PT Pupuk Indonesia dalam rangka memberikan pendampingan budidaya kepada petani dengan memberikan jaminan pasokan sarana produksi dan memfasilitasi akses pendanaan dengan lembaga keuangan serta memfasilitasi pemasaran hasil pertanian” jelasnya

Menurutnya, saat ini petani menghadapi beberapa kendala di lapangan. Mulai dari akses modal ke perbankan yang sulit, hasil pertanian yang belum optimal, anjloknya harga saat panen raya dan sebagainya.

“Dengan program Agro Solution ini akan melakukan pendampingan dari hulu hingga hilir,” imbuhnya

Ditambahkannya, konsep tersebut nantinya akan melibatkan para stakeholder terkait pendanaan, teknologi pertanian, asuransi perlindungan resiko gagal panen, offtaker atau pembeli hasil panen meliputi pabrik pakan ternak dan sebagainya, pemerintah daerah, para petani yang akan melakukan budidaya pertanian dan PT Petrokimia Gresik.

“Untuk agro input, kami akan menyediakan pupuk yang berkualitas, penyediaan benih unggul dan pestisida, kami juga akan melakukan kawalan budidaya dan pengendalian HPT, uji tanah, dan sosialisasi oleh staf kami. Harapannya dengan program ini produktivitas pertanian dapat naik dan income petani dapat naik” papar Handyoko

Hadir dalam sosialisasi tersebut KH. Bramadi Rahmawan, jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Blora, perwakilan dari Perbankan, PT. Petrokimia Gresik, Bisi, dan para penyuluh pertanian di Kabupaten Blora. (Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini