Prodi Psikologi UIN Gelar Webinar Internasional, Ini Pembahasannya

Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag selaku Rektor UIN Walisongo saat jadi keynote speaker dalam kegiatan KKL Internasional Prodi Psikologi FPK UIN Walisongo Semarang. (Dok.)

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo Semarang menggelar webinar internasional psikologi pada era disrupsi, dalam kegiatan KKL Internasional Prodi Psikologi FPK UIN Walisongo Semarang pada Jum’at (11/6/2021). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag selaku Rektor UIN Walisongo saat jadi keynote speaker. Rektor menjelaskan perkembangan teknologi informasi saat ini telah menciptakan banyak kebiasaan baru pada masyarakat dalam beragam aspek kehidupan. Selain itu bencana wabah pandemi covid 19 yang masih melanda di seluruh dunia begitu juga Indonesia, saat ini seluruh negara di dunia berupaya untuk mencegah penularan covid 19 tersebut. Perubahan tersebut mentransformasi banyak proses, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat perlu beradaptasi.

“Era perkembangan teknologi informasi ditengah-tengah bencana covid 19 membuat psikologi masyarakat sekarang dituntut untuk bisa beradaptasi,” ungkapnya. 

Sementara itu, Dekan FPK UIN Walisongo Prof. Dr. H. Syamsul Ma’arif, M.Ag menyampaikan kegiatan KKL internasional ditengah perkembangan teknologi informasi dan pandemi covid 19 ini diharapkan dapat menjadi cara untuk saling bekerja sama antara Indonesia dan Malaysia dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapi.

“Harapan saya agar para mahasiswa KKL Prodi Psikologi dan peserta kegiatan dari malaysia bisa menjadi lebih sensitif dengan permasalahan yang muncul dan tidak hanya menjadi follower namun dapat menjadi leader dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,” terangnya.

Kepala Jurusan Psikologi FPK UIN Walisongo Wening Wihartati menyampaikan bahwa mahasiswa KKL prodi psikologi di era disrupsi dan pandami covid 19 harus kreatif dan inovatif.

“Ditengah new era ini, mahasiswa KKL harus siap menghadapi semua tantangan, maka di era disrupsi dan pandami covid 19 ini mahasiswa harus lebih kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

“Mahasiswa KKL Prodi Psikologi harus lebih produktif dalam memecahkan persoalan-persoalan sosial ditengah masyakat,” pungkasnya.

Webinar yang diikuti lebih dari 200 peserta mahasiswa Indonesia dan Malaysia tersebut digelar pada hari rabu s.d kamis tanggal 09 s.d 10 Juni 2021. Para peserta merupakan mahasiswa KKL Prodi Psikologi dan mahasiswa malaysia yang memiliki ketertarikan di bidang kesehatan mental. Pengabdian masyarakat ini melibatkan para ahli, praktisi, dan akademisi dari Indonesia dan Malaysia.

Tujuan kegiatan ini adalah supaya mahasiswa KKL lebih produktif serta untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai kesehatan mental, prinsip penting sebagai relawan sosial, serta aspek budaya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Webinar ini juga dihadiri oleh Assoc. Prof. Dr. Siti Aisyah binti Panatik Abdul Rahman, Chair school of Human Resource, Development and psycholgy, Faculty Social Sciences and Humanities, Universiti Teknologi Malaysia serta dipandu oleh moderator kondang Dr. Nikmah Rochmawati, M.Si dan Lainatul Mudzkiyyah, S.Psi., M.Psi., Psikolog. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here