Prihatin Bom Makasar, Ansor Jateng Siap Jaga Keamanan dan Petakan Potensi Radikalisme

Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, H. Solahuddin Aly. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Merasa prihatin dengan perisapan umat Nasrani dalam perayaan paskah yang terganggu karena aksi teror bom di Gereja Katedral Makassar, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, H. Solahuddin Aly menyatakan siap membantu aparat keamanan untuk menjaga gereja-gereja yang ada di Jawa Tengah.

Pria yang akrab disapa Gus Solah itu sudah memberikan informasi kepada jajaran GP Ansor di kabupaten dan Kota untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar lebih mudah mengkoordinir pasukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kita bersama teman teman untuk berkoordinasi dengan pihak aparat kepolisian. Jika kami diperlukan, kami sangat siap untuk terlibat tapi kalau pihak keamanan merasa cukup, tidak ikut terlihat,” ujar Gus Solah di Gereja Katedral Semarang pada Senin (29/3/2021).

“Tapi kami selalu memantau jika ada hal hal yang memang dianggap perlu ditangani potensi tindak radikalisme dan terorisme,” tegas Gus Solah menjelaskan soal potensi radikalisme dan terorisme di Jawa Tengah.

Gus Solah menjelaskan bahwa pihaknya telah memetakan dan mengidentifikasi potensi-potensi radikalisme itu muncul.

“Pemetaan kelompok radikal teroris sudah ada dan kami telah mengidentifikasi,” ungkapnya.

Namun begitu, Gus Solah menyerahkan hal tersebut kepada aparat hukum yang berwenang.

“Tapi ini negara hukum keputusan ada di tangan aparat penegak hukum,” jelasnya.

Ketika ditanya apa tindakan Ansor setelah mampu memetakan dan mengidentifikasi potensi radikalisme tersebut, Gus Solah menjawab sebagian besar sedang diawasi.

“Sebagian besar sudah diawasi namun untuk penanganan khusus, polisi punya pertimbangan tersendiri,” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini