Polri Sebut Akan Ada 6 Posisi Jenderal Baru pada Restrukturisasi Brimob

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo . Foto : Dok. Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Restrukturisasi Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri segera dilakukan. Kepala Korps Brimob (Kakor Brimob) yang sebelumnya dipimpin jenderal bintang dua akan dipimpin jenderal bintang tiga.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa saat ini sedang memproses restrukturisasi internal Korps Brimob tersebut. Di antaranya, Dankor Brimob akan dinaikan menjadi Komjen atau Jenderal bintang tiga nantinya.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, Wadankor Brimob juga berpangkat Irjen dan enam jabatan lainnya akan berpangkat Jenderal.

“Kemudian Irjen Polri nantinya diusulkan untuk Wadankor Brimob dari bintang satu menjadi bintang dua, dan brigjen polisi atau bintang satu ada enam jabatan. Dua jabatan Kepala Biro, dan ada Danpas Brimob I, II, III,” kata Ramadhan, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Adapun, enam posisi itu ialah dua Kepala Biro (Karo), Komandan Pasukan (Danpas) I, II, III, serta Danpas Ibu Kota Negara (IKN) baru. “Danpas Brimob I wilayah Barat, Danpas Brimob II wilayah Tengah, dan Danpas Brimob III wilayah Timur. Dan masing-masing Danpas duduk dengan jabatan berpangkat brigadir jenderal,” ujar Ramadhan.

Menurutnya, restrukturisasi itu masih dalam proses sampai dengan saat ini. Hal itu, lantaran tugas Korbrimob menjadi semakin menantang ke depannya. “Kami sampaikan saat ini sedang dalam proses untuk Dankor Brimob Polri menjadi bintang tiga. Karena tentunya kedepan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban akan semakin berat tantangannya,” tutur Ramadhan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, selain kakor Brimob, perubahan juga akan berlaku di jajaran pejabat di bawah Kakor Brimob. Perubahan juga akan diganti pada struktur Karobinops, Korps Brimob yang sebelumnya dijabat tiga pati (perwira tinggi) bintang satu menjadi delapan pati.

Penambahan pasukan Brimob juga akan dilakukan di wilayah Indonesia Timur, Barat, ibu kota negara, Brimob Pusat, dan Brimob Gegana. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here