PKC PMII Jateng Lakukan Vaksinasi Cenovac di Magelang, Gandeng Polda Jateng dan Polres

Pelaksanaan Vaksinasi di Kampus STAIA Al - Husain Syyubanul Wahton Dusun Meteseh, Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang yang dilakukan Polda Jateng bekerjasama dengan PKC PMII Jateng dan Polres Megelang. ( foto ist)

MAGELANG ( sigijateng.id ) –  Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Jawa Tengah (PKC PMII Jateng ) telah menggelar vaksinasi Senovac tahap I di Kabupaten Magelang, persisnya di Kampus STAIA Al – Husain Syyubanul Wahton Dusun Meteseh, Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. 

Dalam melaksanakan vaksinasi Senovac masal ini, PKC PMII Jawa Tengah bekerjasama dengan Polda Jateng dan Polres Magelang.

Kerjasama vaksinasi massal seperti ini sengaja dilakukan dengan harapan semakin banyak masyarakat yang ikut dalam vaksinasi jenis Senovac ini. PKC PMII Jateng terpanggil untuk ikut mensukseskan program pemerintah yakni pecepatan vaksinasi Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi tahap I ini dilakukan selama 2 hari, yakni Kamis dan Jumat (29 – 30 Juli 2021), mulai pukul 09.30  sampai dengan 13.30 WIB.  Vaksinasi masal tahap 1 ini menyasar 500 orang orang, yakni 250 orang pada hari pertama dan 250 pada hari kedua. Adapun untuk vaksinasi tahap II direncanakan akhir bulan Agustus ini.

 Peserta vaksinasi masal diantaranya berasal dari pengurus PMII Cabang Kabupaten Magelang dan mahasiswa STAIA Al Husein Syubhanul Watton, Pengurus Banom PC NU Magelang (Syuriah NU, Ansor, Banser, Rijalu Ansor, Lazis NU, Pagar Nusa, Fatayat, Muslimat, IPNU, IPPNU), Rektor / Dosen / Staff / Karyawan STAIA Al – Husain Syyubanul Wahton, pengurus dan santri Pondok Pesantren API Interpretership STAIA Al – Husain Syyubanul Wahton, Manager dan karyawan Rumah Makan Griya Dahar Brambang Salam STAIA Al – Husain Syyubanul Wahton, Mata Air, dan IKA PMII Magelang.

Dengan menerapkan protokol ketat, peserta vaksinasi antusias dan senang mengikuti jalannya vaksinasi ini. Peserta dengan tertib antri dengan memakai masker dan jaga jarak.

Jalannya kegiatan vaksinasi vaksinasi ini dihadiri oleh Dirintelkam Polda Jateng diwakili oleh Kanit V Subdit III Kompol Nurkolis, Panit V Ditintelkam Polda Jateng AKP Slamet Dedi, Ketua PKC PMII Jawa Tengah Anto Prima Atmaja, Kasat Intelkam Polres Magelang AKP Suprijanto, SH, Paur Kesehatan Poliklinik Polres Magelang Iptu Sapto, Dokter Klinik Berkah sehat Polres Magelang dr Nurkholis, Ketua PMII Magelang Yoga Heri, Kapolsek Tempuran diwakili oleh Kanit Intelkam Aiptu Aris Listiyanto, Rektor STAIA Al – Husain Syyubanul Wahton Ahmad Fuad Hasim dan Ketua PMII Jogo Rekso PMII STAIA Al – Husain Syyubanul Wahton Sofan Sauri

“Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Polri, utamanya Polda Jatang dan Polres Magelang atas kerjsasamanya dalam penyelenggaran vaksinasi ini,” kata Anto Prima Atmaja selaku Ketua PKC PMII Jawa Tengah.

Dikatakan Anto, Kabupaten Magelang menjadi prioritas vaksinasi karena berdasarkan pemetaan vaksinasi yang ada di Jateng, untuk wilayah Pantura Timur seperti Jepara, Kudus Pati itu sudah banyak vaksinasi. Kemudian di Cilacap, Brebes, Tegal sampai Pekalongan juga sudah banyak vaksinasi, apalagi yang di Salatiga, Solo dan lain sebagainya. “Sementara yang di Kedu masih kurang sehingga vaksinasi ini difokuskan di Magelang,” terang Anto Prima Atmaja.

Anto juga menjelaskan bahwa saat ini permintaan vaksinasi saat ini adalah 1.200 orang namun karena keterbatasan tempat jadi hanya tersedia 500 saja. Dia juga berharap agar pemerintah segera mempercepat vaksinasi agar bisa diakses oleh banyak masyarakat.

“Saya ketua PKC PMII Jateng menghimbau kepada seluruh elemen mahasiswa dan masyarakat untuk mensukseskan program percepatan vaksinasi ini,” pinta Anto.

Disisi lain, Anto juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk taat dan menjalankan kebijakan PPKM yang dicanangkan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Mari kita sukseskan kebijakan PPKM sebagai upaya pencegahaan penyebab Covid-19,” katanya.

Sementara, Dirintelkam Polda Jateng diwakili oleh Kanit V Subdit III Kompol Nurkolis  mengatakan terkait vaksinasi atas permintaan PB PMII sebanyak 1200 vaksin namun hanya tersedia 500 vaksin. Dia juga menjelaskan vaksin yang digunakan adalah vaksin jenis Sinovac.

“Vaksinasi yang dilakukan PMII Jateng ini pertama kali di Magelang, untuk selanjutnya mau di mana terserah nanti PMII Jateng yang menentukan. Kami selaku Polda Jateng hanya memfasilitasi sesuai permitaan saja, untuk tenaga medisnya dibantu dari Polres Magelang,” jelasnya kepada wartawan.

Sementara AKP Supriyanto selaku Kasat Intelkam Polres Magelang juga menjelaskan bahwa vaksin yang digunakan merupakan vaksin jenis Sinovac. “Dari awal vaksin yang digunakan Polres Magelang adalah vaksin jenis Sinovac, distribusi dari Dinkes Provinsi. Kami menindaklanjuti permintaan dari PB PMII di Jakarta ke Kapolri yang ditindaklanjuti Polda Jateng dan selanjutnya ke Polres Magelang untuk melaksanakan kegiatan vaksin ini.” Katanya.

Dia menambahkan untuk vaksinator dilakukan oleh Poliklinik Polres Magelang. Vaksinasi kedua akan dijadwalkan akhir bulan Agustus bertempat di STAIA Subhanul Watthon atau di Polres Magelang sesuai keputusan selanjutnya. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini