Penting!! Inilah Aturan Terbaru Cabor Sepatu Roda di PON XX Papua Mengacu World Skate

Atlet sepatu roda PON Jateng yang melakukan Pelatda, usai latihan, Minggu (4/4/2021).

SEMARANG (Sigi Jateng) – Ada beberapa aturan baru di cabor sepatu roda yang akan diterapkan di PON XX Papua Oktober 2021 mendatang yang mengacu world skate. Atas adanya aturan baru itu, Tim pelatih sepatu roda Jawa Tengah melakukan sosialisasi aturan baru PON XX Papua tahun 2021 kepada para atlet. Sosialisasi dilakukan disela-sela kegiatan latihan bersama atlet Pelatda PON cabang sepatu roda di track venue Gelora Jatidiri dan Banjir Kanal Barat, Semarang, Jumat-Minggu (2-4/4/2021).

Sekum Pengprov Porserosi Jateng, Erlangga Ardianza mengatakan kegiatan latihan sekaligus sosialisasi aturan baru PON XX tahun 2021 ini diikuti 35 roller dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kemudian simulasi penerapan aturan baru dilakukan secara tertutup dan terbatas, maksudnya tidak ada penonton dan hanya diikuti oleh atlet saja.

“Latihan bersama tersebut sekaligus sosialisasi aturan terbaru world skate versi 2021 ini. Bagi tim pelatih adalah sarana evaluasi atlet menjelang penetapan entry by name kontingen Jateng,” kata Erlangga di Semarang, Senin (5/4/2021).

Beberapa aturan penting mata lomba di PON nanti, terang Erlangga, misalnya di nomor 15 km Eliminasi, jika sebelumnya finish menyisakan 5 atlet, maka saat ini finish menyisakan 3 atlet saja. Selain itu, perubahan aturan juga terjadi di nomor Point to Point Eliminasi 10.000 m. Kalau sebelumnya bila tersisa 10 atlet tidak berlaku overlap, namun sekarang walaupun sudah tersisa 10 atlet tetap berlaku overlap hingga tersisa 5 atlet.

‌”Soal pencurian start juga diatur. Di nomor sprint 500 m dan 1.000 m, aturan pencurian start ditoleransi hanya sekali dan diakumulasi sampai final, padahal pada aturan sebelumnya toleransi bisa 2 kali kesalahan baru didiskualifikasi,” kata Angga yang juga pelatih pelatda mendampingi M Arif Rachman dan Ajeng Anindya Prasalita.

Ditambahkan dia, untuk nomor marathon PON, ukuran roda diizinkan maksimal 125 mm yang sebelumnya 110 mm. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini