Pengurus AMSI Jateng 2020-2023 Dilantik, Ini Pesan Ketua DPRD Jateng

Pelantikan Pengurus AMSI Jateng di Hotel Griya Persada Bandungan Kabupaten Semarang, Jumat (26-27/3/2021).

UNGARAN (Sigi Jateng) – Pengurus Wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah periode 2020-2023 resmi dilantik oleh pengurus AMSI pusat, Jumat (27/3/2021) sore di Hotel Griya Persada Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

Hadir beberapa pengurus pusat, yakni Bendahara Umum Maryadie, Koordinator Wilayah

DKI/Jabar/Banten  Ronny Kusuma, Koordinator Wilayah Jateng/Yogya/Jatim/Bali/NTB  Suwarmin dan  Badan Pertimbangan dan Pengawas Sapto Anggoro.

Dalam acara yang yang dirangkai dengan Rapt Kerja Wilayah AMSI Jateng 2021 ini juga hadari Ketua DPRD Jateng H Bambang ‘Kribo’ Kusriyanto yang sekaligus membuka acara, dan Bupati Semarang yang diwakili Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan.

Pengurus AMSI Jawa Tengah 2020-2023 yang dikukuhkan saat ini adalah hasil Konferwil II AMSI Jateng pada bulan November 2020 di Semarang, yang saat itu terpilih secara aklamasi yakni Nurkholis sebagai keetua Rini Yustiningsih sebagai sekretarisnya.

Ketua DPRD Jateng Bambang ‘Kribo’ Kusriyanto saat memberikan sambutan.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan, pada era digital atau online ini, masyarakat bisa mendapat informasi dengan cepat. Namun, kenyataanya, tidak sedikit pula informasi yang didapat itu berisi informasi yang tidak valid, berita bohong (hoax), dan ujaran kebencian. Media siber yang menjadi pilar democrat keempat hendaknya mampu mengedukasi masyarakat sehingga nantinya berdampak positif dalam pembangunan di daerahnya.

“Saking cepatnya informasi melalui media online, maka banyak pula hoax yang beredar. Harapan kami, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mampu memberikan informasi aktual dan faktual kepada masyarakat,” kata Legislator PDI Perjuangan yang ini dalam sambutannya.

Menurut Pria yang akrab disapai Bambang Kribo ini, peran media siber dalam pembangunan itu sangat penting, mengingat saat ini masyarakat sudah sangat akrab dengan sistem online. Sebagai contoh, media siber harus mampu memberitakan DPRD sesuai kinerja yang dicapai.

“Saat ini, ada media baik dan ada pula media jahat. Jangan sampai negara ini hancur akibat media (jahat) tersebut. Untuk itu, saya berharap kerjasama antara teman-teman media disini. Diharapkan pula, media online bisa memberitakan DPRD secara baik,” kata Bambang Kribo.

” Jadi, apa yang disampaikan itu memang fakta yang ada. Bukan hanya sekedar beritanya baik namun tidak sesuai kenyataan. Harapannya, tidak ada korupsi di lembaga-lembaga, terutama DPRD. Dengan begitu, kita bersama-sama bisa membangun Jateng yang lebih baik,” Bambang Kribo menmbahkan.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan yang membacakan sambutan Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan pada di era digital saat ini media siber menjadi kebutuhan masyarakat. Sebagai konstituen Dewan Pers, media siber yang tergabung di AMSI harus mampu menjadi jatidirinya sendiri yakni sebagai media informasi dan inspirasi. 

“Anggota AMSI bisa berperan agar hoax dan ujaran kebencian tidak muncul di media online,” katanya.

Berita Lainnya:

Sementara, Bendahara Umum AMSI Maryadie mengatakan AMSI yang berdiri tahun 2017 hadir untuk melakukan penguatan kapasitas terhadap media siber yang kini banyak bermunculan. Penguatan itu sendiri perlu dilakukan, mengingat maraknya berita hoax dan ujaran kebencian yang muncul secara online.

“Masyarakat itu harus menerima informasi-informasi yang baik. Disini, AMSI yang berdiri sejak 2017, terus berupaya melakukan penguatan media-media, yang bergabubung,” katanya .

Hal yang dilakukan, diantaranya adalah membangun kerjasama dengan Google yang sangat akrab dengan masyarakat. Tingkat kepercayaan masyarakat sejak 2015 cukup tinggi tapi seiring waktu mulai menurun akibat banyaknya hoax.

“Sampai saat ini berita hoax masih saja ada. AMSI melakukan penguatan pada kapasitas media siber. Diharapkan pula, rakerwil AMSI Jateng  ini berjalan baik dan semoga bisa memberikan warna tersendiri di Jateng,” harap Maryadie.

Ketua Amsi Jateng Nurkholis menambahkan penguatan media siber itu juga memerlukan langkah sustainability media sehingga media siber mampu bertahan untuk memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga mengatakan tujuan utama AMSI Jateng yakni mengarahkan media lokal agar mampu mendapatkan verifikasi dari Dewan Pers. 

“Kami ingin ‘mengentaskan’ media lokal dalam verifikasi Dewan Pers sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Harapannya pula, rakerwil ini bisa menjadi kemajuan dan kebaikan AMSI,” kata Pemimpin Redaksi BeritaJateng.net itu. Acara Pelantikan Rakerwil Amsi Jateng yang digelar di Hotel Griya Persada Kabupaten Semarang selama dua hari. Dan saat ini ada 21 madio online di Jateng bergabung di AMSI. Seluruh Indonesia, jumlahnya lebih dari 320 media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini